Analisis Reduksi Miskonsepsi Kimia dengan Pendekatan Multi Level Representasi: Systematic Literature Review
Abstract
Pembelajaran yang utuh dan bermakna dapat tercapai jika adanya kesesuaian pemahaman peserta didik dengan konsep ilmiah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh deskripsi tentang reduksi miskonsepsi kimia dengan pendekatan multi level representasi. Kimia merupakan ilmu yang memiliki cakupan materi yang kompleks dan abstrak, sehingga muncul kesulitan dalam memahami konsep abstrak pada level submikroskopis. Kesulitan belajar menimbulkan adanya miskonsepsi dalam pembelajaran kimia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu systematic literature review yaitu menganalisis studi penelitian terkait multi level representasi dalam mereduksi miskonsepsi pembelajaran kimia dengan sumber artikel jurnal yang diterbitkan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2022. Pertanyaan mendasar dari penelitian ini adalah bagaimanakah pendekatan multi level representasi dalam mereduksi miskonsepsi pembelajaran kimia. Jurnal yang memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis terdapat sebanyak 30 jurnal. Hasil studi menunjukan bahwa pendekatan multi level representasi menekankan pada penguasaan level makroskopik, submikroskoipi dan simbolik. Penggambaran ketiga level tersebut dapat dicapai dengan mengembangkan model mental. Pengembangan model mental yang baik dapat membantu peserta didik dalam menghubungkan konsep ilmiah dalam pemikiran peserta didik, sehingga mampu mereduksi miskonsepsi dalam pembelajaran. Pendekatan multi level representasi dapat dikolaborasikan dengan berbagai model pembelajaran berbantuan media pembelajaran seperti modul, bahan ajar dan LKPD.
Downloads
References
Albanani, T., Supardi, K. I., & Nuswowati, M. (2020). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Multi Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA. Chemistry in Education. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/42769
Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, D. E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2192–2200.
Andrianie, D., Sudarmin, S., & Wardani, S. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS berbasis representasi kimia untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi redoks. Chemistry in Education. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/17672
Becker, N., Stanford, C., Towns, M., & Cole, R. (2015). Translating across macroscopic, submicroscopic, and symbolic levels: The role of instructor facilitation in an inquiry-oriented physical chemistry class. Chemistry Education Research and Practice, 16(4), 769–785. https://doi.org/10.1039/c5rp00064e
Chittleborough, G. (2014). Learning with Understanding in the Chemistry Classroom. Learning with Understanding in the Chemistry Classroom, 25–40. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4366-3
Derman, A., & Ebenezer, J. (2020). The Effect of Multiple Representations of Physical and Chemical Changes on the Development of Primary Pre-service Teachers Cognitive Structures. Research in Science Education, 50(4), 1575–1601. https://doi.org/10.1007/s11165-018-9744-5
Djarwo, C. F. (2019). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2788
Dudeliany, J. A., Mahardika, I. K., & Maryani, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai Lks Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 254–259. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/23281
Fahmi, T. N., & Fikroh, R. A. (2022). Pengembangan Modul Bermuatan Multirepresentasi pada Materi Hidrokarbon untuk SMA/MA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(1), 53–58. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i1.30116
Hasanati, Z., & Supardi, K. I. (2020). Pengaruh LKS-E Multirepresentasi Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Larutan Asam Basa. Journal of Chemistry In Education, 2(2252), 1–7.
Head, M. L., Yoder, K., Genton, E., & Sumperl, J. (2017). A quantitative method to determine preservice chemistry teachers’ perceptions of chemical representations. Chemistry Education Research and Practice, 18(4), 825–840. https://doi.org/10.1039/c7rp00109f
Helsy, I., & Andriyani, L. (2017). Pengembangan bahan ajar pada materi kesetimbangan kimia berorientasi multipel representasi kimia. In Jurnal Tadris Kimiya. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/lgae677o45f57mzxd2v3t4mcva/access/wayback/http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/article/viewFile/1365/pdf_2
Jariati, E., & Yenti, E. (2020). Pengembangan E-Magazine Berbasis Multipel Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of Natural Science and …. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/10131
Katmiati, S., & Rahmi, C. (2021). Tes Diagnostik Prediksi-Observasi-Eksplanasi (POE) Reaksi Kimia Untuk Menggali Model Mental Siswa. Jurnal Zarah. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/view/3191
Kirbulut, Z. D., & Geban, O. (2014). Using three-tier diagnostic test to assess students’ misconceptions of states of matter. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 10(5), 509–521. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1128a
Langitasari, I. (2016). Analisis Kemampuan Awal Multi Level Representasi Mahasiswa Tingkat I Pada Konsep Reaksi Redoks. Edu Chemia, 1(1), 14–24.
Larasati, A. D. P., Ibnu, S., & Santoso, A. (2019). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa dengan Tingkat Self-Efficacy …. Jurnal Pendidikan: Teori …. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12548
Li, W. S. S., & Arshad, M. Y. (2014). Application of multiple representation levels in redox reactions among tenth grade chemistry teachers. Journal of Turkish Science Education, 11(3), 35–52. https://doi.org/10.12973/tused.10117a
Mashami, R. A., Andayani, Y., & Gunawan, G. (2014). Pengaruh Media Animasi Submikroskopik Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(1), 149. https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.642
Mentari, L., Suardana, I. N., & ... (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa SMA pada pembelajaran Kimia untuk materi larutan penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpk/article/view/3975
N, D. F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Multiple Representasi Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI MIPA SMA. repository.unja.ac.id. https://repository.unja.ac.id/23250/
Noviani, M. W., & Istyadji, M. (2017). Miskonsepsi ditinjau dari penguasaan pengetahuan prasyarat untuk materi ikatan kimia pada kelas X. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/3860
Pabuccu, A., & Geban, O. (2012). Students ’ Conceptual Level of Understanding on Chemical Bonding. International Online Journal of Educational Sciences, 4(3), 563–580. www.iojes.net
Pujianto, E., Masykuri, M., & Utomo, S. B. (2018). Penerapan Strategi Konflik Kognitif untuk Pembelajaran Remidiasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XII MIA SMA Negeri 1 …. Jurnal Pendidikan Kimia. https://jurnal.uns.ac.id/JPKim/article/view/24568
Qodriyah, N. R. L., Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & ... (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas Xi SMA Negeri 4 Malang Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. In … Pendidikan Kimia. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/Deni-Rokhim/publication/343280207_Identifikasi_Miskonsepsi_Siswa_Kelas_Xi_Sma_Negeri_4_Malang_Pada_Materi_Hidrokarbon_Menggunakan_Instrumen_Diagnostik_Three_Tier/Links/5f2107df92851cd5fa50856d/Identifikasi-Miskonsepsi-
Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran matematika dengan pendekatan stem: systematic literature review. 7(1), 161–172.
Ramdani, A. (2017). Pengembangan instrumen miskonsepsi kimia pada konsep struktur atom. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. http://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/87
Rico, A. E., & Fitriza, Z. (2021). Deskripsi Miskonsepsi Siswa pada Materi Senyawa Hidrokarbon: Studi Literatur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/525
Safitri, N. C., Nursaadah, E., & ... (2019). Analisis multipel representasi kimia siswa pada konsep laju reaksi. EduChemia (Jurnal Kimia …. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/EduChemia/article/view/5023
Safitri, N. C., Nursaadah, E., & Wijayanti, I. E. (2019). Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 1. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.5023
Sagita, R., Azra, F., & Azhar, M. (2017). Pengembangan modul konsep mol berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada interkoneksi tiga level representasi kimia untuk kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep). https://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep/article/view/48
Sandi-Urena, S., Loría Cambronero, G., & Jinesta Chaves, D. (2020). Conceptualisation of Lewis structures by chemistry majors. Chemistry Teacher International, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.1515/cti-2018-0019
Setiawan, D., Cahyono, E., & ... (2017). Identifikasi dan analisis miskonsepsi pada materi ikatan Kimia menggunakan instrumen tes diagnostik three-tier. Journal of Innovative …. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/15580
Stojanovska, M., M. Petruševski, V., & Šoptrajanov, B. (2017). Study of the Use of the Three Levels of Thinking and Representation. Contributions, Section of Natural, Mathematical and Biotechnical Sciences, 35(1), 37–46. https://doi.org/10.20903/csnmbs.masa.2014.35.1.52
Sukmawati, W. (2019). Analisis level makroskopis , mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia Analysis of macroscopic , microscopic and symbolic levels of students in understanding electrochemistry. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 195–204. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/27517
Sundami, N., & Azhar, M. (2019). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur Dengan Menggunakan Tiga Level representasi Kimia Untuk Siswa kelas XI SMA. In EduKimia. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/ettwq3tdmvagxfs527mgsx2wsq/access/wayback/http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pendkimia/article/download/104018/pdf
Suyono, S. (2020). Miskonsepsi kimia, sebuah misteri. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia). http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/11518
Syahri, W., Muhaimin, M., & Ardi, A. M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Laju Reaksi untuk Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Jambi. Journal of The …. https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/5081
Thovawira, F. A., Safitri, I., Supartik, S., Sitompul, N. N. S., & Anggriyani, I. (2021). Systematic Literature Review: Implementasi Pendekatan Stem (Manfaat Dan Tantangan) Di Indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 355–371. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.682
Utari, D., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Kemampuan Representasi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Animasi Berbasis Representasi Kimia. … Pembelajaran Kimia. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5706
Warsito, J., Subandi, S., & Parlan, P. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Topik Ikatan Kimia Serta Perbaikannya dengan Pembelajaran Model ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Jurnal Pendidikan: Teori …. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14158
Wati, F. S., Lathifa, U., & Udaibah, W. (2019). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Unity Of Sciences (Uos) dan Multilevel Representasi. Thabiea: Journal of Natural …. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Thabiea/article/view/5972
Wilar, G. J., & Gugule, S. (2021). Pembelajaran Multipel Representasi Disertai Praktikum Pada Materi Ikatan Kimia. 3(2), 59–62. https://doi.org/10.37033/ojce.v3i2.276
Yuliana, I. F., & Sholichah, N. (2021a). Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Multi Representasi untuk Melatih Literasi Kimia Mahasiswa pada Materi Termokimia. Chemistry Education Practice, 4(2), 179–185. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2454
Yuliana, I. F., & Sholichah, N. (2021b). Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Multi Representasi untuk Melatih Literasi Kimia Mahasiswa pada Materi Termokimia. Chemistry Education Practice. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/2454
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.