Analisis Deskriptif Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP tentang Lapisan Bumi, Mitigasi Bencana, dan Global Warming.

  • Fitri Amaliyah Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember
  • Rif'ati Dina Handayani Universitas Jember

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif adalah salah satu keterampilan yang dituntut pada abad 21. Peran keterampilan berpikir kreatif sangatlah penting bagi siswa dalam mengahasilkan berbagai macam ide dan jawaban. Siswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif akan mampu menghadapi permasalahan nyata pada pembelajaran IPA. Permasalahan mengenai lapisan bumi, mitigasi bencana, dan global warming merupakah permasalahan krusial dalam kehidupan yang akan dihadapi siswa. Guru perlu membuat sebuah strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Dasar dari pembuatan strategi tersebut adalah hasil analisis keterampilan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa kelas 7 SMP di Jember, Jawa Timur, Indonesia mengenai lapisan bumi, mitigasi bencana dan global warming. Hasil penelitian menunjukan keterampilan berpikir kreatif siswa bernilai 43 berada pada tingkat sedang. Indikator fluency memiliki nilai paling tinggi, sedangkan flexibility memiliki nilai paling rendah. Penyebab dari hal tersebut antara lain personality, motivasi, lingkungan, tingkat kecerdasan, CSE (Creative Self – Efficacy), keterbatasan waktu, bahan ajar, dan instrument penilaian. Upaya yang dapat dilakukan antara lain menerapkan Problem- Based Learning (PBL), model pembelajaran RICOSRE, metode teaching and training, STEM, virtual laboratory, dan model pembelajaran 6E.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: analisis deskriptif, keterampilan berpikir kreatif, lapisan bumi, mitigasi bencana, pemanasan global

References

Amaliyah, F., Sudarti, S., & Subchan, W. (2021). Analisis Perilaku Etika Lingkungan Hidup Siswa SMAN di Jember. 11, 113–120. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.498

Chasanah, L., Kaniawati, I., & Hernani, H. (2017). How to Assess Creative Thinking Skill in Making Products of Liquid Pressure? Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012164

Habibi, Mundilarto, Jumadi, J., Gummah, S., Ahzan, S., & Prasetya, D. S. B. (2020). Project brief effects on creative thinking skills among low-ability pre-service physics teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 415–420. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20531

Hardy, J. H., Ness, A. M., & Mecca, J. (2017). Outside the box: Epistemic curiosity as a predictor of creative problem solving and creative performance. Personality and Individual Differences, 104, 230–237. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.08.004

Hsiao, H. S., Lin, Y. W., Lin, K. Y., Lin, C. Y., Chen, J. H., & Chen, J. C. (2022). Using robot-based practices to develop an activity that incorporated the 6E model to improve elementary school students’ learning performances. Interactive Learning Environments, 30(1), 85–99. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1636090

Huang, N. tang, Chang, Y. shan, & Chou, C. hui. (2020). Effects of creative thinking, psychomotor skills, and creative self-efficacy on engineering design creativity. Thinking Skills and Creativity, 37(April), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100695

Meinel, M., Wagner, T. F., Baccarella, C. V., & Voigt, K. I. (2019). Exploring the Effects of Creativity Training on Creative Performance and Creative Self-Efficacy: Evidence from a Longitudinal Study. Journal of Creative Behavior, 53(4), 546–558. https://doi.org/10.1002/jocb.234

Nurhalizah, S., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Setiawan, D. (2020). RICOSRE for the empowerment of students’ creative thinking skills. AIP Conference Proceedings, 2215(April). https://doi.org/10.1063/5.0000560

Ra’o, P. Y. S., Bare, Y., & Putra, S. H. J. (2021). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Biologi Berbasis Android Materi Sistem Gerak untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 158–168. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.508

Sari, R. P., Mauliza, M., Nazar, M., & Nahadi, N. (2020). The Implementation of Performance Assessment Through Virtual Laboratory to College Students’ Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 5. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.484

Sugiyanto, F. N., Masykuri, M., & Muzzazinah, M. (2018). Analysis of senior high school students’ creative thinking skills profile in Klaten regency. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012038

Suryani, K., Sukardi, S., Khairudin, K., Sasmita, D., & Rahmadani, A. F. (2020). Profil Mahasiswa Jurusan Komputer Pada Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 159. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1939

Susilowati, E., Miriam, S., Suyidno, S., Sholahuddin, A., & Winarno, N. (2020). Integration of Learning Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) in the Wetland Environment Area to Increase Students’ Creativity. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012047

Syafruddin. (2020). Analisis Kreatifitas Siswa dengan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas sebagai Media Alat Peraga Biologi. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 111–115. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.382

Verwita Sari, E. (2018). Pengaruh Pemberian Spelling Puzzle dengan Model Problem Based Learning terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa IPA Kelas VII Materi Pemanasan Global dan Lapisan Bumi SMP Negeri 12 Padang. Pillar of Physics Education, 11(3), 9–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/3317171074

Published
2022-06-15
How to Cite
Fitri Amaliyah, Sudarti, S., & Rif’ati Dina Handayani. (2022). Analisis Deskriptif Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP tentang Lapisan Bumi, Mitigasi Bencana, dan Global Warming. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 227-232. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.595
Abstract viewed = 292 times
PDF downloaded = 235 times