Analisis Deskriptif Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP tentang Lapisan Bumi, Mitigasi Bencana, dan Global Warming.
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif adalah salah satu keterampilan yang dituntut pada abad 21. Peran keterampilan berpikir kreatif sangatlah penting bagi siswa dalam mengahasilkan berbagai macam ide dan jawaban. Siswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif akan mampu menghadapi permasalahan nyata pada pembelajaran IPA. Permasalahan mengenai lapisan bumi, mitigasi bencana, dan global warming merupakah permasalahan krusial dalam kehidupan yang akan dihadapi siswa. Guru perlu membuat sebuah strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Dasar dari pembuatan strategi tersebut adalah hasil analisis keterampilan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa kelas 7 SMP di Jember, Jawa Timur, Indonesia mengenai lapisan bumi, mitigasi bencana dan global warming. Hasil penelitian menunjukan keterampilan berpikir kreatif siswa bernilai 43 berada pada tingkat sedang. Indikator fluency memiliki nilai paling tinggi, sedangkan flexibility memiliki nilai paling rendah. Penyebab dari hal tersebut antara lain personality, motivasi, lingkungan, tingkat kecerdasan, CSE (Creative Self – Efficacy), keterbatasan waktu, bahan ajar, dan instrument penilaian. Upaya yang dapat dilakukan antara lain menerapkan Problem- Based Learning (PBL), model pembelajaran RICOSRE, metode teaching and training, STEM, virtual laboratory, dan model pembelajaran 6E.
Downloads
References
Amaliyah, F., Sudarti, S., & Subchan, W. (2021). Analisis Perilaku Etika Lingkungan Hidup Siswa SMAN di Jember. 11, 113–120. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.498
Chasanah, L., Kaniawati, I., & Hernani, H. (2017). How to Assess Creative Thinking Skill in Making Products of Liquid Pressure? Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012164
Habibi, Mundilarto, Jumadi, J., Gummah, S., Ahzan, S., & Prasetya, D. S. B. (2020). Project brief effects on creative thinking skills among low-ability pre-service physics teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 415–420. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20531
Hardy, J. H., Ness, A. M., & Mecca, J. (2017). Outside the box: Epistemic curiosity as a predictor of creative problem solving and creative performance. Personality and Individual Differences, 104, 230–237. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.08.004
Hsiao, H. S., Lin, Y. W., Lin, K. Y., Lin, C. Y., Chen, J. H., & Chen, J. C. (2022). Using robot-based practices to develop an activity that incorporated the 6E model to improve elementary school students’ learning performances. Interactive Learning Environments, 30(1), 85–99. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1636090
Huang, N. tang, Chang, Y. shan, & Chou, C. hui. (2020). Effects of creative thinking, psychomotor skills, and creative self-efficacy on engineering design creativity. Thinking Skills and Creativity, 37(April), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100695
Meinel, M., Wagner, T. F., Baccarella, C. V., & Voigt, K. I. (2019). Exploring the Effects of Creativity Training on Creative Performance and Creative Self-Efficacy: Evidence from a Longitudinal Study. Journal of Creative Behavior, 53(4), 546–558. https://doi.org/10.1002/jocb.234
Nurhalizah, S., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Setiawan, D. (2020). RICOSRE for the empowerment of students’ creative thinking skills. AIP Conference Proceedings, 2215(April). https://doi.org/10.1063/5.0000560
Ra’o, P. Y. S., Bare, Y., & Putra, S. H. J. (2021). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Biologi Berbasis Android Materi Sistem Gerak untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 158–168. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.508
Sari, R. P., Mauliza, M., Nazar, M., & Nahadi, N. (2020). The Implementation of Performance Assessment Through Virtual Laboratory to College Students’ Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 5. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.484
Sugiyanto, F. N., Masykuri, M., & Muzzazinah, M. (2018). Analysis of senior high school students’ creative thinking skills profile in Klaten regency. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012038
Suryani, K., Sukardi, S., Khairudin, K., Sasmita, D., & Rahmadani, A. F. (2020). Profil Mahasiswa Jurusan Komputer Pada Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 159. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1939
Susilowati, E., Miriam, S., Suyidno, S., Sholahuddin, A., & Winarno, N. (2020). Integration of Learning Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) in the Wetland Environment Area to Increase Students’ Creativity. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012047
Syafruddin. (2020). Analisis Kreatifitas Siswa dengan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas sebagai Media Alat Peraga Biologi. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 111–115. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.382
Verwita Sari, E. (2018). Pengaruh Pemberian Spelling Puzzle dengan Model Problem Based Learning terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa IPA Kelas VII Materi Pemanasan Global dan Lapisan Bumi SMP Negeri 12 Padang. Pillar of Physics Education, 11(3), 9–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/3317171074
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.