Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis model Inkuiri terbimbing berbasis literasi sains meliputi metode, media pembelajaran, kemampuan yang diukur, materi IPA yang sering digunakan dan instrumen penilaian. Penelitian ini mengkaji literatur secara sistematis pencarian artikel dengan menggunakan Publish or Perish (PoP) dari tahun 2017 sampai dengan 2022 pada google scholer dan web-web perguruan tinggi nasional. Berdasarkan hasil riview 20 artikel terdahulu diperoleh bahwa: 1) model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap literasi sains menggunakan metode penelitian eksperimen dalam pembelajaran IPA; 2) media pembelajaran paper test digunakan untuk memaksimalkan hasil penilaian literasi sains; 3) Bentuk penilaian literasi sains yang digunakan adalah objektif/multiple choice, subjektif/essay, non-objektif/uraian dan deskripsi; 4) Materi yang paling sering digunakan sebagai pokok bahasan penelitian adalah Hukum Newton. Riset ini diharapkan dapat menjadi referensi penelitian selanjutnya dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains secara lebih mendalam.
Downloads
References
Ade Mutia, Hadinugrahaningsih, T., & Budi, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Berbasis Kontekstual (CBA) terhadap Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri Jakarta pada Materi Hidrolisis Garam. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/jrpk.101.01
Aminuddin & Syafaruddin. (2019). Manajemen Kurikulum. Pengelolaan kurikulum, 1–208.
Anggraeni, A.Y., Wardani, S., & Hidayat, A, N, 2020. (2020). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512–2523. https://doi.org/10.15294/jipk.v14i1.18979
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Bybee. (2014). Science / environment / health: Towards a renewed pedagogy for science education. Science / Environment / Health: Towards a Renewed Pedagogy for Science Education, 1–197. https://doi.org/10.1007/978-90-481-3949-1
Daniah, D. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah Pada Praktikum Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 144–153. https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7178
Devitri, N., Syafriani., &, & Djamas, D. (2019). Validity of physics module nuanced model of process oriented guided inquiry learning (POGIL) to improve scientific literacy at 10th grade senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012060
Dewi, N. A. R., & Sunarti, T. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA SMA UNTUK MATERI ALAT OPTIK Inovasi Pend. 07(03), 381–384. https://doi.org/10.26740/ipf.v7n3.p%25p
El Islami, R. A. Z., Nahadi, N., & Permanasari, A. (2016). Membangun Literasi Sains Siswa Pada Konsep Asam Basa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 110. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.662
Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1549
Fa’idah, R. N., Koes H, S., & Mahanal, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(12), 1704. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13096
Fitri, I, &, & Fatisa, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 60. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7888
Gormally, C., Brickman, P., Hallar, B., & Armstrong, N. (2009). Effects of Inquiry-based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(2). https://doi.org/10.20429/ijsotl.2009.030216
Haryadi, Rudi, &, & Pujiastuti, H. (2020). The Science Literacy Capabilities Profile Using Guided Inquiry Learning Models. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(1), 81–88. https://doi.org/10.21009/1.06109
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Istiqomah, C.Z., & Hariyono, E. (2019). Peningkatan Literasi Sains Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(5), 55. https://doi.org/10.26740/ipf.v8n2.p%25p
Macmillen C. J. B & Kneller, G. F. (1961). Chapter II: Philosophy of Education. Review of Educational Research, 31(1), 20–37. https://doi.org/10.3102/00346543031001020
Maullidyawati, T., & Hidayah, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. 1(2), 33–46. https://doi.org/10.29406/ar-r.v10i1.3664
Misbahul J. (2020). Inkuiri dalam Pengajaran dan Pembelajaran Sains. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 95–107. https://doi.org/doi.org/10.21093/twt.v7i2.2243
Munif, A. (2022). Penggunaan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Materi Energi dan Perubahannya. 4, 148–156. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3815
Ngalimun,. Fauzani, M., & Salabi, A. (2018). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Nugrahani, F. (2014). Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Nomor 1). Solo: Cakra Books.
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving, revised edition. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264281820-en
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/19963777
Parno., Yuliati, L., Munfaridah, N., Ali, M., Indrasari, N., &, & Rosyidah, F. U. N. (2020). The impact of STEM-based guided inquiry learning on students’ scientific literacy in the topic of fluid statics. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012104
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. In BSNP (Nomor May).
Pratika, V.D., & Muchlis. Surabaya, U. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL IN THE REACTION RATE TOPIC TO TRAIN SCIENTIFIC LITE. 5(1), 9–18. https://doi.org/10.26740/ujced.v5n1.p%25p
Probosari, R. M., Sajidan, Suranto, & Prayitno, B. A. (2016). Dampak inkuiri berjenjang terhadap dimensi literasi sains calon guru biologi. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 450–454. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar Mipa, 11(2), 105–109. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i2.111
Rewalino, Y. I., & Supriyatman, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 8(3), 125–128.
Saefullah, A., Samanhudi, U., Nulhakim, L., Berlian, L., Rakhmawan, A., Rohimah, B., & El Islami, R. A. Z. (2017). Efforts to Improve Scientific Literacy of Students through Guided Inquiry Learning Based on Local Wisdom of Baduy’s Society. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(2), 84. https://doi.org/10.30870/jppi.v3i2.2482
Said, N. J., & Rusli, M. . (2017). Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 2 Polewali. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 13(1), 255–262. https://doi.org/10.35580/jspf.v13i3.6195
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Santoso, Guruh Mardi., &, & Madlazim. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 144–148. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n2.p%25p
Sastradika, D., &, & Jumadi. (2018). Development of subject-specific pedagogy based on guided inquiry about newton’s law to improve senior high school students’ scientific literacy ability. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012017
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476
Suyitno. (2009). Landasan Filosofi Pendidikan. In Universitas Pendidikan Indonesia.
Yuyu, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Zaenal, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.