Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Komik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran

  • Eva Margaretha Saragih Universitas Asahan
  • Nova Eliza Silaen Universitas Asahan
  • Dewi Astuti Universitas Asahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media komik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan VIII B masing-masing sebanyak 26 siswa. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,81 dan kelas kontrol 69,385. Hasil uji t diperoleh thitung = 6,442 > ttabel = 1,67 maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan media komik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pembelajaran dengan Media Komik, Kemampuan Pemecahan Masalah

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bowen, et al. 2016. The Mathematics Major’s Handbook. Wooster: The College Of Wooster.

Dasar, D. I. S. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika. 7(2), 111–117.

Hardaniwati, Menuk. 2003. Kamus Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hermawan, Hendy. 2010. Teori Belajar dan Motivasi. Bandung: CV Citra Praya.

Nasution, U.S. 2016. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD dan NHT. Jurnal Mathematics Paedagogic, VII (1):51-57.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, A., & Milenia, F.I. 2021. Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 3(1), 30–43.

Shadiq, F. 2007. Apa dan Mengapa Matematika Begitu Penting, Departemen Pendidikan Nasional, Yogyakarta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT.Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut dan Desak P. E. Nila Kusumawati. 2009. Analisis Tes Psikologis Teori dan Praktek dalam Penyelenggaraan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukino. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Sukmadinata, Nana, Syodih, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat. Jakarta: Putra Garfika.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sisdiknas

Wahyudin. 2008. Kurikulum, Pembelajaran, dan Evaluasi: Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Jakarta: CV IPA Abong.s

Widodo, A.S., Pardimin., & Purwaningsih, E.I ,.2016. Pengaruh Media Komik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, ISBN. 978-602-73403-1-2, PM(71), MP 481-486.

Published
2022-06-24
How to Cite
Eva Margaretha Saragih, Nova Eliza Silaen, & Dewi Astuti. (2022). Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Komik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 332-340. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.608
Abstract viewed = 263 times
PDF downloaded = 195 times