Analisis Regresi Linier Sederhana untuk Mengestimasi Pengaruh Kemampuan Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Rasi

  • Devi Yustika Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember
  • Rif’ati Dina Handayani Universitas Jember

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dengan berbagai aktivitas yang menuntut siswa berpartisipasi aktif selama proses belajar berlangsung. Partisipasi siswa dapat berjalan dengan baik, jika siswa memiliki kemampuan self regulated learning yang berkaitan dengan perencanaan, strategi, dan evaluasi terhadap tujuan yang ingin dicapai. Pembelajaran self regulated learning dikemas dalam model pembelajaran RASI yang memberi kemudahan siswa dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi pengaruh kemampuan self regulated learning terhadap hasil belajar siswa. Data yang digunakan merupakan data sekunder hasil penelitian sebelumnya, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science). Hasil pengolahan data oleh SPSS menunjukkan bahwa kemampuan self regulated learning menggunakan model pembelajaran RASI berpenagaruh secara positif terhadap hasil belajar siswa. Namun, tingkat pengaruhnya sangat rendah yaitu hanya 4,8% dengan nilai signifikan uji-t sebesar 0,213 > 0,05. Oleh karena itu, kemampuan self regulated learning menggunakan model pembelajaran RASI tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Harapannya, pembelajaran dengan self regulated learning selanjutnya dapat mengembangkan hasil belajar siswa secara lebih maksimal dengan menambahkan berbagai perlakuan dan sistem pendukung belajar lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kemampuan self regulated learning, hasil belajar, model pembelajaran RASI, regresi linier sederhana

References

Aziz, A., & Siswanto, K. A. P. (2018). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Kematangan Karir pada Siswa SMA. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 10(1), 7–13. https://doi.org/10.31289/analitika.v10i1.1492

Harahap, A. C. P. (2020). Covid 19: Self regulated learning mahasiswa. AL-IRSYAD, 10(1). http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7646

Hasan, I. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmayanti, V. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran RASI (Reading, Analyzing, Sharing, and Inferring) dalam Pembelajaran IPA di SMP. Skripsi. Jember: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Mujianto, H. (2020). Manfaat Learning Resources dalam Pembelajaran Student Centered Learning. Journal Zetroem, 02(01), 11–15. https://doi.org/10.36526/ztr.v2i1.1256

Nugraha, F., & Hendrawan, B. (2020). Pengembangan Karakter Self Efficacy pada Siswa Berkebutuhan Khusus Melalui Pembelajaran Self Regulated Learning. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(2), 40–45. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i2.664

Nur, M. D. M. (2017). Pengaruh strategi pembelajaran fisika berbasis website terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki self- regulated learning (srl) yang berbeda. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 65–76.

Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26–33. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v2i1.284

Pratama, F. W. (2017). Peran Self-Regulated Learning Dalam Memoderatori Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Satya Widya, 33(2), 99–108. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p99-108

Rahmiyati, A. (2017). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Prestasi. SOSIO DIDAKTIKA : Social Science Education Journal, 5(1), 8–14. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i9.21609

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Saraswati, P. (2017). Strategi Self regulated learning dan prokrastinasi akademik terhadap prestasi akademik. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 210–223. https://doi.org/10.15294/intuisi.v9i3.14112

Slavin, E.R. (2018). Educational Psychology Theory and Practice Twelfth Edition. USA : Pearson.

Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan modul IPA berbasis proyek terintegrasi STEM pada materi tekanan. Natural Science Education Research, 1(1), 28–39. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4171

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, 39(1). https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510

Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 2(1), 57–63. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.436

Zimmerman, B. J., & Pons, M. M. (1986). Development of a Structured Interview for Assessing Student Use of Self-Regulated Learning Strategies. American Educational Research Journal, 23(4), 614–628. https://doi.org/10.3102/00028312023004614

Published
2022-06-23
How to Cite
Devi Yustika, Sudarti, S., & Rif’ati Dina Handayani. (2022). Analisis Regresi Linier Sederhana untuk Mengestimasi Pengaruh Kemampuan Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Rasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 294-297. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.609
Abstract viewed = 1936 times
PDF downloaded = 1171 times