Analisis Komparasi Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Luring dan Daring
Abstract
Beberapa kejadian tidak terduga mengharuskan pembelajaran di Perguruan Tinggi harus dilakukan secara daring, seperti adanya pandemi Covid-19. Wacana pemerintah untuk membuat permanen pembelajaran daring juga semakin menuntut kesiapan semua pihak (mahasiswa dan dosen) dalam menyikapi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komparasi hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran luring dan daring, dan mencari faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan metode mix methode, dilakukan di Universitas Islam Jember, dengan teknik pengumpulan sampelnya yaitu purposive random sampling. Pengumpulan data didapatkan dari wawancara dan dokumentasi. Wawancara kepada mahasiswa, dokumentasi didapatkan dari arsip nilai mahasiswa TA. 2019/2020 genap dan TA. 2020/2021 ganjil. Pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran luring mempunyai mean sebesar 78,2609 sedangkan metode daring 65,4348. Tingkat signifikan 0,020. tingkat probabilitasnya 0,001, nilai t hitung Equal variances not assumed sebesar 2,447 dengan tingkat probabilitas signifikan 0,020 (2-tail). Siswa yang melakukan pembelajaran luring menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran daring. Adapaun kesulitan mahasiswa yang menyebabkan penurunan hasil belajar adalah: kesulitan dalam penggunaan alat komunikasi, kesulitan jaringan telekomunikasi, kesulitan pemahaman mata kuliah, keterbatasan kuota belajar, dan kesulitan manajemen tugas. Oleh sebab itu, dosen harus bijak dalam memilih model dan media pembelajaran, mahasiswa dituntut cepat beradaptasi dalam menemukan strategi belajarnya.
Downloads
References
Aliana, A., Hidayah, F., Adawiyah, R. Al, Ayu, P., & Mahanani, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 21(September), 53–56.
Amelia, D., Hasil, A., Matematika, B., Pada, S., Bahasan, P., Amelia, D., Fatahillah, A., Matematika, P., Keguruan, F., & Unej, U. J. (2015). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember Basic Cognitive Bloom Taxonomy Class VII-A in SMPN 14 Jember ).
Anggraini, M., Kasiyun, S., Mariati, P., & Sunanto, S. (2021). Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3010–3019. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0AAnalisis
Bojonegoro, M. I. A., Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Jurnal basicedu. 5(5), 3814–3821.
Covid-, P., Khasanah, S. U., & Syarifah, A. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya Terhadap Pembelajaran Daring Via Zoom Pada Masa. 2(1), 23–33.
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Ushuluddin, F. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. 1–12.
Firdaus, L., Hunaepi, H., Muliadi, A., & Fitriani, H. (2020). Respon mahasiswa terhadap pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 Student response to online learning during the Covid-19 pandemic. 1(2), 60–65.
Nartiningrum, N., & Nugroho, A. (2020). Online Learning amidst Global Pandemic: EFL Students’ Challenges, Suggestions, and Needed Materials. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 4(2), 115. https://doi.org/10.29240/ef.v4i2.1494
Nurfitriana, N., & Sari, E. (2021). Analisis Praktik Sosial dalam Berita Pembelajaran Jarak Jauh pada Surat Kabar Daring detik.com edisi Juli 2020. Journal of Education Research, 2(4), 141–146. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.66
Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278. https://doi.org/10.17977/um062v2i52020p272-278
Putra, P., Liriwati, F. Y., & Tahrim, T. (2020). The Students Learning from Home Experience during Covid-19 School Closures Policy in Indonesia. 5(2), 30–42.
Rafendi, T. P., Pridana, R. E., Maula, L. H., Keguruan, F., & Sukabumi, U. M. (2020). Jurnal perseda. III(3), 115–120.
Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.