Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Multirepresentasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP: Sebuah Tinjauan Studi
Abstract
Berdasarkan pemaparan beberapa peneliti terlihat jelas bahwa pembelajaran IPA masih berpusat pada guru dan siswa masih belum mendapatkan pengalaman belajar yang baik, sehingga diperlukan upaya yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran yaitu melalui bahan ajar dengan pendekatan multirepresentasi. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengulas pemahaman konsep siswa melalui bahan ajar yang diberikan dengan pendekatan multirepresentasi. Penulisan artikel ini disajikan dengan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan beberapa data base yang dijadikan sebagai acuan pencarian artikel, seperti Sciencedirect, Publish or Perish, Elsevier, Google Scholar dan diperoleh 25 artikel yang dapat dikategorikan ke dalam beberapa kriteria, yaitu berdasarkan kesesuaian variabel yang diteliti, metode penelitian yang digunakan, dan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa yaitu 1) interaksi antara pemberian buku ajar melalui inovasi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. 2) bahan ajar yang telah teruji kelayakannya mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA. 3) bahan ajar mengandung unsur mampu memberikan pengaruh peningkatan akademik siswa dan pemahaman konsep siswa
Downloads
References
Adadan, E., Trundle, K. C., & Irving, K. E. 2012. Exploring Grade 11 Students’ Conceptual Pathways of the Particulate Nature of Matter in the Context of Multirepresentational Instruction. Journal of Research In Science Teaching, 47(8). 1004-1035.
Bin, Y., Yang, Y., Shen, F., & Xu, X. 2016. Combining multi-representation for multimedia event detection using co-training. Science Direct.
Chandrasegaran, A. L & Treagust, D. F. 2008. An Evaluation of a Teaching Intervention to Promote Students’ Ability to Use Multiple Levels of Representation When Describing and Explaining Chemical Reactions. Res Sci Educ. Research in Science Education. 38: 237–248.
Dienyati, N, H., Werdhiana, I. K., & Wahyono, U. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Siswa berdasarkan Multirepresentasi pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMAN 1 Banawa Tengah. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 74-84.
Fatimah, S. 2016. Analisis Multirepresentasi Mahasiswa Pgsd Pada Konsep Gelombang dan Bunyi. Premiere Educandum, 6(2), 174-179.
Finnajah, M., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. 2016. Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multi Representasi Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Prembun Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Radiasi, 8(1), 22-27.
Furwati, S., Sutopo., & Zubaidah, S. 2017. Peningkatan Pemahaman Konsep Hukum Newton Pada Siswa SMP Melalui Pembelajaran Multi Representasi. Prosiding TEP & PDs, 4943), 471-483.
Hasanati, Z & Supardi, K. I. 2020. Pengaruh Lks-E Multirepresentasi Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Larutan Asam dan Basa. Chemistry in Education, 9(1), 1-7.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah. S., Nasrulah., & Amalia, D. A. 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(2). 311-326.
Malone, K. L., Schunn, C. D., & Schuchardt, A. M. 2017. Improving Conceptual Understanding and Representation Skills Through Excel-Based Modeling. J Sci Educ Technol.
Mangngella, E. J & Kendek, Y. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Multirepresentasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(3), 32-40.
Najib, K., Siswanto, J., & Saefan, J. 2020. Pengaruh Pendekatan Multirepresentasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Banua Science Education, 1(1), 29-34.
Nurzaman, G., Hindriana, A. F., & Satianugraha, H. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Multirepresentasi Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Padakonsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 10(1), 18-23.
Patriot, E. A. 2019. Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Melalui Penerapan Pembelajaran Konseptual Interaktif. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 152-158.
Putri, A. H., Sutrisno., Chandra, D. T. 2020. Efektivitas Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Gaya dan Gerak. Journal of Natural Science and Integration. 3(2), 205-214.
Rahmatina, D. I., Sutopo., & Wartono. 2017. Pemahaman Konsep dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA pada Materi Usaha-Energi. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 2, 127-133.
Ramadayanty, M., Sutarno., & Risdianto, E. 2021. Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. urnal Kumparan Fisika, 4(1), 17-24.
Sari, A. P., Feranie, S., & Karim. S. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 45-50.
Setyandaru, T. A., Wahyuni, S., Putra, P. D. A. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Fisika Di SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3), 218-224.
Siew, W. S & Arshad, M. Y. 2014. Application of Multiple Representation Levels in Redox Reactions among Tenth Grade Chemistry Teachers. Journal of Turkish Science Education, 11(3), 35-52.
Simanjuntak, M. P., Marpaung, N., & Siregar, N. 2020. Desain Pembelajaran Ipa Berbasis Masalah Dan Multirepresentasi Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(4), 20-25.
Suhandi, A & Wibowo, F. C. 2012. Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2012), 1-7.
Widianingtiyas, L., Siswoyo., & Bakri, F. 2015. Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 31-37.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.