Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Srengseng Sawah 04 Jakarta Selatan
Abstract
Matematika merupakan pembelajaran yang membutuhkan penalaran dalam memahami dan memecahkan permasalahan. Alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika yaitu menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Problem Solving. Dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Problem Solving diharapkan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Problem Solving terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN Srengseng Sawah 04 Jakarta Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-eksperiment). Sampel penelitian ini adalah kelas III-C dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas kontrol dan kelas III-D dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah The Posttest-Only Control Grup Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, rata-rata hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen 84.25 dan kelas kontrol 78.19. Hasil uji hipotesis diperoleh t-hitung = 2.118 dan t-tabel = 1.999. Hal tersebut menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Srengseng Sawah 04 Jakarta Selatan.
Downloads
References
ABIDIN, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika, 11(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168
Berutu, M, H., A., & Tambunan, M, I., H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109–115. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telambanua, T., & Hulu, F. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(1), 325–332. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
M, S. M., Zainal, Z., & Armila. (2019). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1–12. https://ejournals.umma.ac.id/indeks.php/equals
Manik, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 4(2), 153–163. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24805
Maulidya, A. (2018). BERPIKIR DAN PROBLEM SOLVING. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4, 11–29. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1381
Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Aceh Barat. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 133–122. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/312
Putriyanti, C. C., & Fensi, F. (2017). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Santa Maria Monica, Bekasi Timur. Psibernetika, 10(2), 114–122. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1047
Rilla Wahana. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving(CPS) untukMeningkatkan KemampuanHigh Order Thinking Skills(HOTS)dalamPembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VI. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 298–305. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10374
Rofifah, D. (2020). Penerapan Metode Problem Solving. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(4), 12–26.
Subekti, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 130. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.46
Sugiarti, Epon Nur’aeni L, O. H. p. (2017). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa tentang Sifat Bangun Datar Segi Empat melalui Cooperative Learning Tipe NHT. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR-, 4(2), 10–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7278
SUNARNO, M. D. (2020). PENINGKATAN PEROLEHAN HASIL BELAJAR MENDENGARKAN PENJELASAN DARI NARA SUMBER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE CYCLE LEARNING SISWA KELAS 5 C SLB NEGERI SAMPANG. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, VII(1), 59–67. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/455/413
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.