Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman

  • Ade Sintia Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir, melayani, dan mengakui keberagaman siswa dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan preferensi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature review. Penelitian diawali dengan mencari artikel-artikel yang berkaitan dengan topik penelitian yang akan dilakukan. Kriteria artikel ilmiah yang digunakan sebagai data berupa artikel ilmiah yang bersumber dari jurnal nasional maupun internasional dengan kemutakhiran 10 tahun terakhir yaitu dari tahun 2012-2022. Hasil analisis 17 artikel jurnal diperoleh lebih banyak mengembangkan jenis penelitian PTK dan literature review dari jenis penelitian lainnya. Kemudian instrument yang digunakan cenderung mengukur hasil belajar, gaya belajar serta minat siswa, belum menyentuh ranah lainnya. Belum banyak artikel yang menjabarkan terkait dengan empat pembelajaran diferensiasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pendekatan Berdiferensiasi, Solusi Pembelajaran, Keberagaman

References

Aiman Faiz, Anis Pratama, I. K. (2019). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.

Alhafiz, N. (2022). ANALISIS PROFIL GAYA BELAJAR SISWA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU. 1(5), 1133–1142.

Andini, D. W., Guru, P., Dasar, S., Sarjanawiyata, U., Yogyakarta, T., & Tamansiswa, U. S. (2016). “ Differentiated Instruction ”: Solusi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3), 340–349.

Bikić, N., Maričić, S. M., & Pikula, M. (2016). The effects of differentiation of content in problem-solving in learning geometry in secondary school. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(11), 2783–2795. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.02304a

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. 4(1), 1544–1550.

Haelermans, C. (2022). The Effects of Group differentiation by students’ learning strategies. Instructional Science, 50(2), 223–250. https://doi.org/10.1007/s11251-021-09575-0

Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI KEBUTUHAN SISWA DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(2807–5536), 89–100.

Kemdikbud, P. (2021). Pembelajaran dan Asesmen. X–76.

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Partnership for 21st Century. (2007). Learning and Innovation Skills-4Cs Key Subjects-3Rs and 21st Century Themes Critical thinking • Communication Collaboration • Creativity P21 Framework for 21st Century Learning 21st Century Student Outcomes and Support Systems Framework for 21st Century L. www.P21.org.

Surat, I. M. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PROGRESIF BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA TAMAN RAMA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 20(2), 244–253. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/499

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Taylor, S. (2017). Contested Knowledge: A Critical Review of the Concept of Differentiation in Teaching and Learning. Warwick Journal of Education - Transforming Teaching, 1, 55–68.

Tomlinson, C. A. (2001). How TO Differentiate instruction in mixed-ability classrooms. In Association for Supervision and Curriculum Development.

VanTassel-Baska, J. (2012). Analyzing Differentiation in the Classroom. Gifted Child Today, 35(1), 42–48. https://doi.org/10.1177/1076217511427431

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Desember, 1–17.

Published
2022-09-01
How to Cite
Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 682-689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
Abstract viewed = 218 times
PDF downloaded = 162 times