Systematic Literature Review: Bagaimanakah Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains yang Efektif Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis?

  • Fatimah Millenia Fauziah Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis karena terbatasnya artikel tinjauan terkait hal tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah systematic literature review guna mengidenfitikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan penelitian yang ada dengan topik yang relevan dengan pertanyaan penelitian yang ditentukan. Jumlah artikel ditemukan sebanyak 43, kemudian tereduksi menjadi 17 yang sesuai dengan research question dan selanjutnya menjadi 10 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara KPS dengan keterampilan berpikir kritis. Kemdian, pembelajaran berbasis KPS efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan kriteria kegiatan pembelajaran memberi pengalaman belajar mencari dan penemuan serta mengarah pada pemecahan suatu masalah dengan metode, pendekatan, atau model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu problem based learning, inquiry discovery learning, inkuiri terbimbing berorientasi proses, dan SETS. Selain itu, penggunaan LKPD berbasis KPS pada kegiatan pembelajaran terbukti efektif penguasaan KPS dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pembelajaran Berbasis KPS, Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis

References

Aiman, U., & Sunimbar. (2020). Keterampilan Proses Sains Siswa SD Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi Proses Menggunakan Suplemen LKS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.68
Andriyani, E., Ernawati, T., Sujatmika, S., & Wijayanti, A. (2019). Penguatan Critical Thinking Skills dalam Lembar Kerja Berbasis Keterampilan Proses. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 02(02), 207–213. https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.701
Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52
Asy’ari, M., & Fitriani, H. (2017). Literatur Reviu Keterampilan Proses Sains sebagai Dasar Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i1.1114
Fitriyah, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Simulasi PhET dengan Penerapan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA Topik Tekanan di SMP Negeri 1 Tuban. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 0(0), 75–85. https://phet.colorado.edu.
Harahap, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Outdoor Study. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September), 34.
Hartini, L., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 69–82. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4448
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Khotimah, K., Hastuti, U. S., Ibrohim, & Suhadi. (2021). Korelasi antara Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Matakuliah Bioteknologi Industri. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 326–332. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4057
Miftianah, N. N., Astuti, A. P., & Hidayah, F. F. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran SETS Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 249–257.
Mukarramah, M., Gani, A., & Winarni, S. (2021). Analisis Kesesuaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran dengan Tuntutan Pembelajaran Abad 21. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 233–241. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21934
Nafsiati, R., Vikhas, A., & Intan, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), 4(1), 38–46. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1064/394
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.15294/JPE.V6I1.14511
Pradana, D., Nur, M., & Suprapto, N. (2020). Improving Critical Thinking Skill of Junior High School Students through Science Process Skills Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 166–172. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.428
Rahmatillah, R., Halim, A., & Hasan, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Aktivitas Pada Materi Koloid (Development of Student Worksheets Based on Science Process Skills on Activities on Colloidal Materials). Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 121–130. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9686
Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29–34. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112127
Rokhim, A. R., Supriyono, & Erman. (2015). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains pada Materi Perubahan Benda untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains V, November, 18–29. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/7960/5801
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46–55. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966
Saifuddin, A. (2020). Apakah Desain Eksperimen Satu Kelompok Layak Digunakan? Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3255
Thovawira, F. A., Safitri, I., Supartik, S., Sitompul, N. N. S., & Anggriyani, I. (2021). Systematic Literature Review: Implementasi Pendekatan Stem (Manfaat Dan Tantangan) Di Indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 355–371. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.682
Wulandari, I. A., Mu’min, M. B., & Firdaus, M. G. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal BioedUIN Program Studi Pendidikan Biologi, 11(1), 63–70. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12081
Zahra, M., Wati, W., & Makbuloh, D. (2019). Pembelajaran Sets ( Science , Environment , Technology , Society ) : Pengaruhnya Pada Keterampilan Proses Sains Sets Learning ( Science , Environment , Technology , Society ): the Effect on Science Process Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 320–327. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4357
Published
2022-09-01
How to Cite
Fatimah Millenia Fauziah. (2022). Systematic Literature Review: Bagaimanakah Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains yang Efektif Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis?. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 455-463. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.627
Abstract viewed = 66 times
PDF downloaded = 39 times