Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Berbasis Komik Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar e-modul IPA SMP kelas VII berbasis komik berpendekatan jelajah alam sekitar yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan yang mengakomodasi model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif melalui kuisioner validitas ahli materi dengan teknik analisis gregory, ahli media dan bahasa dengan teknik analisis perhitungan rata-rata, kepraktisan guru dan siswa dengan teknik analisis perhitungan rata-rata, tes hasil belajar siswa dengan teknik analisis data <gain score> ternormalisasi. Uji efektivitas pada penelitian dilakukan dengan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) e-modul dikemas dengan komik berpendekatan jelajah alam sekitar dilengkapi fenomena alam sekitar, video, dan kuis interaktif. (2) e-modul IPA dinyatakan sangat valid secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 99,7. (3) e-modul IPA dinyatakan sangat valid dari segi materi dengan koefesien validasi Gregory 1,00, sangat valid dari segi media dengan nilai rata-rata 99,3 , sangat valid dari segi bahasa dengan nilai rata-rata 1,00. (4) e-modul dinyatakan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata berturut-turut 94,61 dan 91,89. (5) e-modul dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai <gain score> 0,52 dengan kualifikasi sedang.
Downloads
References
Jaenudin, Ahmad, Prof Baedhowi, and Tri Murwaningsih. 2017. “The Effectiveness of the E-Module of Economics Learning on Problem-Based Learning Used to Improve Students’ Learning Outcomes.”
Jufrida, Jufrida, Fibrika Rahmat Basuki, Wawan Kurniawan, Miko Danu Pangestu, and Olva Fitaloka. 2019. “Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School.” International Journal of Evaluation and Research in Education 8(4):630–36. doi: 10.11591/ijere.v8i4.20312.
Kemendikbud. 2017. “Materi Pendukung Literasi Sains.” Gerakan Literasi Nasional.
Laili, Ismi, Ganefri, and Usmeldi. 2019. “Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 3:308.
Mulya, Egi Putrima, Amali Putra, and Nurhayati. 2017. “Pembuatan E-Modul Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Materi Gerak Dan Gaya Untuk Pembelajaran IPA Kelas VII SMP/MTs.” Pillar of Physics Education 9(April):169–76.
OECD. 2019a. Country Note: Programme For International Student Assesment (PISA) Result From PISA 2018. Vols. I–III.
OECD. 2019b. “PISA for Development Assessment and Analytical Framework (Reading, Mathematics And Science).” OECD Publishing 1(1):1–180.
Puspitasari, Anggraini Diah. 2019. “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika 7(1):17–25.
Savira, Yasmine Maya, Agus Setyo Budi, and Yetti Supriyati. 2019. “PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA KELAS X.”
Zulhaini, A. Halim, and Mursal. 2016. “Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 4(1):121346.
Zuriah, Nurul, Hari Sunaryo, and Nurbani Yusuf. 2016. “IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal.” Dedikasi 13:39–49.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.