Pengembangan Buku Ajar IPA Kelas VIII Semester II Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Made Laksmi Mahardani Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains untuk siswa kelas VIII semester II. Pengembangan mengikuti panduan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang meliputi Define (pendefinisian), Design (perancanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil uji efektivitas produk adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Uji efektifitas dilakukan terhadap 32 orang siswa kelas VIII.Hasil analisis data menunjukkan buku ajar IPA berbasis KPS memiliki karakteristik yaitu menerapkan indikator keterampilan proses sains yang secara eksplisit disajikan sebagai subbab dalam setiap materi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan rata-rata skor validitas buku ajar IPA berbasis KPS pada aspek isi dan penyajian sebesar 86,5% dengan kategori sangat valid, skor validitas aspek bahasa sebesar 88,5% dengan kategori sangat valid, aspek kegrafikaan memperoleh skor validitas sebesar 100% dengan kategori sangat valid.Hasil analisis respons guru terhadap kepraktisan buku ajar IPA berbasis KPS menunjukkan rerata skor sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis. Respon siswa terhadap kepraktisan buku ajar menunjukkan rerata skor sebesar 82,3% berkategori sangat praktis.Skor N-Gain hasil analisis pretest dan posttesthasil belajar siswa sebesar 0,5 dengan kategori efektif. Hasil ini mengindikasikan bahwa pembelajaran yang dilakukan menggunakan buku ajar IPA berbasis KPS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Buku Ajar, IPA, Keterampilan Proses Sains
Published
2022-09-01
How to Cite
Made Laksmi Mahardani. (2022). Pengembangan Buku Ajar IPA Kelas VIII Semester II Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 714-719. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.634
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 11 times