Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Quran terhadap Pemahaman Konsep Matematika bagi Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya menhafal Al-Quran dapat meningkatkan kecerdasan otak sehingga dapat meningkatkan prestasi dalam belajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan menghafal Al-Quran terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan subjek 19 siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data denga soal tes tertulis dan dan lisan, dimana tes tertulis berupa soal pemahaman konsep matematika dan tes lisan berupa hafalan Al-Quran siswa. Analisis data yang digunakan yaitu teknik regresi sederhana. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur'an terhadap pemahaman konsep matematika dengan hasil analisis data yang diperoleh nilai Thitung = 4.533 dan sig = 0,000. Nilai sig lebih kecil dari 0,05. Maka terdapat pengaruh positif antara kemampuan menghafal al-Qur’an dengan pemahaman konsep matematika.
Downloads
References
Ansari, M. I., Nafliani, A., & Kumala, S. (2021). Hubungan Hafalan Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika DI SDTQ-T An Najah Cindai Alus Martapura. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(2), 52–62.
Firdausi, F., & Hidayah, A. (2018). Kecerdasan Intrapersonal dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Santri Mahasiswa dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 19(1), 43–63.
Hanifah, H., & Abadi, A. P. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika mahasiswa dalam menyelesaikan soal teori grup. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235–244.
Jayanti, T. (2021). Pengaruh Tahfidz Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Pesantren Kota Blitar.
Khoiriyah, S. A. (2021). Hubungan Kemampuan Menghafal Al–Qur’an dan Habits of Mind Terhadap Penguasaan Konsep Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII di SMP IT Nurul Iman Pesawaran. UIN Raden Intan Lampung.
Khotimah, S. H. (2020). Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 15(2), 283–295.
Marwansyah, M., & Hidayat, A. W. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidz Qur’an Juz 30 dengan Aktivitas Belajar Siswa. Madaniyah, 9(2), 237–250.
Marza, S. E. (2017). Regulasi Diri Remaja Penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Qur’an Jami’atul Qurro’Sumatera Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 6(1), 145–160.
Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 14(1), 18–35.
Rasyid, M. M. (2015). Kemukjizatan Menghafal Al-Quran. Elex Media Komputindo.
Romi, R., Arief, Y., & Siregar, J. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Program Menghafal Al-Quran. AN-NAFS, 12(1), 1–11.
Saputri, S. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Poster Comment Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Mts Al-Hidayah Sri Kuncoro Tanggamus Tahun Ajaran 2016/2017. UIN Raden Intan Lampung.
Setyani, M. R., & Ismah, I. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika ditinjau dari Hasil Belajar. Prosiding Senamku, 1, 73–84.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D.
Sutrisno. (2021). Improvement Of Human Resources Competence With Academic Quality Policy In The Economic Sector Of Higher Education Providers In East Java. Transformational Language, Literature, and Technology Overview in Learning (TRANSTOOL), 1(1), 19–28. https://doi.org/https://doi.org/10.55047/transtool.v1i1.104
Syarbini, A., & Jamhari, S. (2012). Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an. Ruang Kata.
Umayah, L. N., & Misbah, M. (2021). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 1–15.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.