Hubungan Kemampuan Membaca Al-Quran dan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bagi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Darunnaja Urai Bengkulu Utara

  • Icha Resita Ningtyas Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Pendidikan Sains dan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Fatrima Santri Syafri Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Pendidikan Sains dan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Betti Dian Wahyuni Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Pendidikan Sains dan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis adanya hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an, minat belajar siswa dengan kemampuan pemeahan masalah matematis bagi siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darunnaja Urai Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok pesantren Darunnaja yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan membaca Al-Qur’an mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis bagi siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darun Naja Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil analisis data mempunya hubungan yang positif sebesar 0,977. Minat belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis bagi siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darun Naja Bengkulu Utara. Kemampuan membaca Al-Qur’an dan minat belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis bagi siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darun Naja Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil analisis data mempunyai hubungan atau korelasi yang positif sebesar 0,985. Uji statistik nilai p (Sig.) = 0,000 < 0,05. Sehingga kemampuan membaca Al-Qur’an dan minat belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis bagi siswa kelas X Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Darun Naja Bengkulu Utara ini mempunyai hubungan yangsangat signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Membaca Al-Qur’an, Minat Belajar Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematis

References

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Akhsinah, K. (2010). Pengaruh Pembelajaran dengan Interkoneksi Matematika Al-Qur’an pada Pokok Bahasan Himpunan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Alrwaished, N., Alkandari, A., & Alhashem, F. (2020). Exploring in-and pre-service science and mathematics teachers’ technology, pedagogy, and content knowledge (TPACK): What next? Teknologia kemian opetuksessa, 1(1), 3.

Amalia, A., Syafitri, L. F., & Sari, V. T. A. (2018). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematik dengan self efficacy dan kemandirian belajar siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 887–894.

Ameliah, I. H. (2016). Pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1).

Awaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 93–98.

Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul pembelajaran matematika bernuansa islami dengan pendekatan inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7–13.

Fauza, A., Napitupulu, E. E., & Khairani, N. (2019). The Enhancement Difference of Eight Grade Students’ Mathematical Problem-Solving Ability. 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019), 554–558.

Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 20.

Gradini, E., Wahyuni, S., & Ansor, A. (2017). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Matematika Qur’ani Dalam Pembelajaran Himpunan. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–20.

Hasri, H., & Rahmah, N. (2016). Kemampuan Baca Tulis Al-Quran dan Korelasinya terhadap Kemampuan Matematika Mahasiswa Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 163–172.

Holidun, H., Masykur, R., Suherman, S., & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29–37.

Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal matematika dalam perspektif islam. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 182.

Kamal, M. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Menghafal Al Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tadarus Jurnal Pendidikan Islam, 6(2).

Kurnia, K., Dedyerianto, D., Inah, E. N., & Patih, T. (2020). Hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah. Kulidawa, 1(1), 51–55.

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis, 2(2), 143–168.

Marza, S. E. (2017). Regulasi Diri Remaja Penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Qur’an Jami’atul Qurro’Sumatera Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 6(1), 145–160.

Mayasari, D. (2019). Penggunaan Matematika Realistik Melalui Media Autograph Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemecahan Masalah Matematis. Musamus Journal of Mathematics Education, 2(1), 12–21.

Mubarokah, T. L. (2014). Penerapan Pembelajaran Matematika Berorientasi Dalil Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII-B MTs Al-Umron Bendosewu Kab. Blitar.

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168–179.

Prayoga, A. T., Junaidi, M., & Hasanah, D. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran teams games tournament dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kleas V SDN 215 Muaro Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110–124.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Suska Press.

Safitriani, L. (2017). Penerapan Metode Kisah Qurani dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Adabiyah Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah.

Sari, N. I., Sari, N. S., & Rizki, S. (2017). Matematika Dan Al-Quran Untuk Membentuk Pendidikan Berkarakter Islami. Seminar Nasional Pendidikan, 334.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D.

Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131–140.

Sutrisno. (2021). Improvement Of Human Resources Competence With Academic Quality Policy In The Economic Sector Of Higher Education Providers In East Java. Transformational Language, Literature, and Technology Overview in Learning (TRANSTOOL), 1(1), 19–28. https://doi.org/https://doi.org/10.55047/transtool.v1i1.104

Syafri, F. S., & Isran, D. (2021). The Relationship Between Mathematical Problem-Solving Ability, Mathematical Connection Ability, and Ability to Read the Qur’an. International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020), 186–191.

Wulantina, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Garis dan Sudut. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 367–373.

Zairi, A., & Sutrisno, L. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Matematika Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19154

Published
2022-09-01
How to Cite
Icha Resita Ningtyas, Fatrima Santri Syafri, & Betti Dian Wahyuni. (2022). Hubungan Kemampuan Membaca Al-Quran dan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bagi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Darunnaja Urai Bengkulu Utara. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 672-681. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.640
Abstract viewed = 39 times
PDF downloaded = 22 times