Penguasaan Konsep Fisika dalam Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMP Nasrani 1 Medan

  • Bajongga Silaban Universitas HKBP Nommensen
  • Januaris Pane Universitas HKBP Nommensen
  • Mega Kristina Gea Universitas HKBP Nommensen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penguasaan konsep fisika terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X SMP Nasrani 1 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah pre-experimental design one-shot case study dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang yang penarikannya dilakukan secara purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep IPA (fisika) adalah 77.4 dengan standar devias 6.58, tergolong baik dan nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah sebesar 80.16, dengan standar deviasi 6.28 tergolong baik yang secara umum dapat mencapa kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70. Persamaan regresi linier sederhana Y atas X adalah Y = 20,051+ 0,778 X, dan melalui uji linieritas regresi diperoleh nilai F = 90.703 dan sig. (pvalue) < 0.05 yang menyatakan bahwa kedua varians variabel adalah linier. Selanjutnya indeks koefisien korelasi (r) sebesar 0.815 tergolong tinggi, nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0.6642. Nilai t diperoleh sebesar 9.524 dan sig. (pvalue) < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa penguasaan konsep berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika peserta didik kelas X SMP Nasrani 1 Medan tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Penguasaan Konsep Fisika, Kemampuan Memecahkan Masalah

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revis Taksonom Pendidikan Bloom. Pustaka Belajar.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluas Pendidikan. Bina Aksara.

BSNP. (2006). Standar Kompetens dan Kompetens Dasar SMP/MTs. BSNP.

Carin, A. A. (2014). Teaching Modern Science (Sixth). Macmillan Coll Div.

Constant, & Woodbridge, F. (1967). Fundamental Principlesof Physics. Addison-Wesley.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga.

Fitriyah, N., Harijanto, A., & Sudarti. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik Pada Siswa Sma Kelas X di Kabupaten Bondowoso. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3(1), 162–166. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7390

Ghozali, . (2016). Aplikas Analisis Multivariete dengan BM SPSS 23. UNDIP.

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058

Nasution, S. (2010). berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara.

Polya, G. (1973). How To Solve t: Aspect of Mathematical Method (Second). Princeton University Press.

Silaban, B. (2014). Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika Dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpbp.v20i1.3072

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2011). Theory and Practice (Fourth). Allyn and Bacon Publishers.

Sugiarto, & Bambang. (1989). Metode Belajar Pemerolehan Konsep Senyawa Koordinasi. Media Pendidikan Dan ilmu Pengetahuan, 9(39), 27–46.

Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Pembelajaran Fisika. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i1.806

Sujarwanto, E., Hidayat, A., & Wartono. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Modeling nstruction Pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA ndonesia, 3(1), 65–78. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1

Suparno, P. (2016). Pengantar Statistika Untuk Pendidikan dan Psikologi. Sanata Dharma University Press.

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Rosda Karya.

Tuckman, B. W. (2012). Conducting Educational Research No Title (Second). Harcourt Brace Jovanovich.

Uno, H. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Bum Aksara.

Vockell, E. L., & Asher, J. W. (1995). Educational Research (Second). Merril Prentice Hall.

Published
2022-09-01
How to Cite
Bajongga Silaban, Januaris Pane, & Mega Kristina Gea. (2022). Penguasaan Konsep Fisika dalam Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMP Nasrani 1 Medan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 690-699. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.643
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 40 times