Praktikalitas E-Modul Berbasis Discovery Learning dengan Teknik Probing Promting pada Materi Hukum Dasar Kimia untuk Kelas X SMA/MA

  • Haifa Hafifah Universitas Negeri Padang
  • Hardeli Hardeli Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan e-modul berbasis discovery learning dengan teknik probing promting pada materi hukum dasar kimia  untuk kelas X SMA. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Pada penelitian ini dilakukan uji praktikalitas dari e-modul pada tahap penilaian dari fase model Plomp. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Pertiwi 1 Padang dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul memperoleh nilai kepraktisan sebesar 89,3 % dengan kategori sangat praktis Kesimpulannya, e-modul berbasis discovery learning dengan teknik probing promting pada materi hukum dasar kimia untuk kelas X SMA/MA dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Praktikalitas, Efektifitas, E-Modul, Discovery Learning, Probing Promting, Hukum Dasar Kimia

References

Agung, F. P., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul gerak refleks berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 279–289.

Asda, V. D., & Andromeda, A. (2021). Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 710–716.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap siswa terhadap pelajaran fisika di sman kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59–64.

Ellizar, E., Putri, S. D., Azhar, M., & Hardeli, H. (2019). Developing a discovery learning module on chemical equilibrium to improve critical thinking skills of senior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1), 12145.

Gunawan, D. (2010). Modul pembelajaran interaktif elektronika dasar untuk program keahlian teknik audio video smk muhammadiyah 1 sukoharjo menggunakan macromedia flash 8.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

JH, T. S. (2018). Pengembangan e-modul berbasis web untuk meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika pada materi listrik statis dan dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51–61.

Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Mardani, M. A., & Azra, F. (2020). Pengembangan Permainan Chemistry Backgammon (Chemmon) sebagai media pembelajaran kimia pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1).

Muthmainnah, M., Hapizah, H., & Somakim, S. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi di SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 27–37.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An introduction to educational design research. Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), 23.

Prasetyo, E. B. (2014). Pola pemanfaatan teknologi informasi di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(2).

Purwanto, M. (2010). Prinsip -Prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. d. (2003). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Surwantini, E. (2015). Efektivitas penggunaan media visual terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas III SD Gugus 01 Imogiri, Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2).

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif Sidoarjo . Sidoarjo: Mas Media Buana Pusaka.

Published
2022-09-01
How to Cite
Haifa Hafifah, & Hardeli Hardeli. (2022). Praktikalitas E-Modul Berbasis Discovery Learning dengan Teknik Probing Promting pada Materi Hukum Dasar Kimia untuk Kelas X SMA/MA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 419-424. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.644
Abstract viewed = 36 times
PDF downloaded = 29 times