Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Guided Inquiry Learning dan Guided Discovery Learning pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 1 Tigo Nagari
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada materi Larutan Penyangga menggunakan model pembelajaran guided inquiry learning dan guided discovery learning. Populasi merupakan seluruh siswa kelas XI Mipa Sman 1 Tigo nagari dengan jumlah populasi 125 siswa dan sampel 63 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design diperluas. Desain penelitian dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model guided inquiry learning dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model guided discovery learning. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Metode tes yang digunakan adalah soal tes hasil belajar kognitif siswa dan metoded nontes berupa observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh setelah penelitian dilakukan uji N-gain, uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dikelas eksperimen I (54) lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II (46). Data yang diperoleh normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis sehingga diperoleh thitung (2,65) > ttabel (1,99962) pada α = 0,05 menunjukkan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa model guided inquiry learning lebih dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model guided discovery learning.
Downloads
References
Annge Rani Liono, Muhammad Arifuddin, Andi Ichsan Mahardika. 2021. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan Guided Discovery Di Kelas XI MIPA SMAN 6 Banjarmasin. Pendidikan Fisika 5(2):153–61.
Arieska, Permadina Kanah, and Novera Herdiani. 2018. Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika 6(2):166–71.
Dewara, Nadya, and Minda Azhar. 2019. Validitas Dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery Dengan Mengunakan Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas XI SMA. Edukimia 1(1):16–22. doi: 10.24036/ekj.v1.i1.a10.
Dewi, Ratna. 2014. Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI Di SMPN 1 Prambon Sidoarjo. Pendidikan Dwijaya Utama.
Fajar, Imade Bagus. 2016. Perbandingan Penggunaan Antara Model Guided Inquiry Dengan Guided Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tik ( Studi Kasus Siswa Kelas Vii Smp Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2014 / 2015 ). Universitas Negeri semarang.
Indah Permatasari, Ferdiansyah Sesunan. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Model Guided Inquiry Dan Discovery Learning. Of Komodo Science Education 01(01):53–65.
Kardian F Rahmi, Rachmat Sahputra. 2018. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Pada Larutan Penyangga ( Buffer ) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Sma. 1(1):1–13.
Latisma. 2011. Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.
Liani, Dwi Agus, Arwin Achmad, and Rini Rita T. Martupang. 2016. Perbandingan Model Guided Discovery Learning Dengan Guided Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. FKIP Universitas Lampung 4(2):8–10.
Lufri. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: Universitas Negeri Padang.
Marlina. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Reproduksi Manusia Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep. FKIP Universitas Muslim Maros 1:219–23.
Pratiwi, Ila Wasilatun. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Konsep Gamifikasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Minat Belajar Siswa SMP. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
RI, Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81 A 2013. Implementasi Kurikulum Kurikulum (1):1–97.
Siregar, Wanti Dahlia, and Lisnawaty Simatupang. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia 2(2):91. doi: 10.24114/jipk.v2i2.19571.
Sudjana, Nana. 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.