Efektifitas E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Smart Apps Creator terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA/MA

  • Rachmat Rizaldi Universitas Islam Sumatera Utara
  • Syahwin Syahwin Universitas Islam Sumatera Utara
  • Ramadani Ramadani Universitas Islam Sumatera Utara

Abstract

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mengakibatkan perubahan dan pertumbuhan kearah yang lebih kompleks. Perkembangan IPTEK menuntut siswa untuk bisa memanfaatkannya, salah satunya untuk melihat keterampilan proses sains. salah satu bahan ajar yang diinovasikan adalah modul berbasis elekronik (E-Modul) yang dapat membantu proses pembelajaran secara daring maupun tatap muka. Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Model Problem Based Learning menggunakan Smart Apps Creator terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA/MA dengan kriteria efektif menerapkannya pada cakupan yang lebih luas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model siklus 4-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat pada semester Genap tahun akademik 2021/2022 yaitu pada mata pelajaran Fisika pokok bahasan Fluida Statis. Adapun objek penelitian ini adalah segala aktivitas pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) dan penilaian terhadap keterampilan proses sains. Untuk tahap penyebaran dilaksanakan di SMAN 1 Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi provinsi Riau. Hasil pada tahap uji coba yang telah dilakukan di SMAN 1 Ranah Batahan diperoleh E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa efektifitas pada penerapan E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model PBL diperoleh nilai 75,41 yang berarti Efektif digunakan pada aspek Keterampilan Proses Sains Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: E-Modul Praktikum Fisika, Smart Apps Creator, Keterampilan Proses Sains

References

Azizah. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengerjakan global warming. Journal of Multi Disciplinary Sciences Vol 1(1),2020, 5.

Ali, Mudlofir. 2011. Aplikasi KTSP dan bahan Ajar dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Wali Pers.

Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan EModul Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.

Hartono, Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi.Yogyakarta : Andi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Pembelajaran. Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: DPSMA

Kale, M., Astutik, S., & Dina, R. (2013). Penerapan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Think Pair Share pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 2 (2), 233- 237.

Komang Redy Winatha, N., Suharsono, & Agustin, K. (2018). Pengembangan E Modul Interaktif Berbasis Proyek Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran p-ISSN : 1858-4543 e-ISSN : 2615-6091.

Muslich, Mansur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pardhan, H. (2009). Experiencing Science Process Skills. Alberta: CMASTE.

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang, Indonesia: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).

Subagio, Lambang. 2006. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa pada Matakuliah Metodologi Penelitian. Menggunakan pembelajaran Berdasarkan Masalah. Jurnal Ilmiah Mahakam. Hal: 66.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk mengembangkan dan Meningkatkan kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan inovatif volume 2. Hal: 69-73.

Sari, dkk. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMPN 1 Krembung pada Materi Zat Aditif. E-JurnalPensa. 6(2): 191-197.

Syah, M. (2004). Psikologi Belajar. Bandung: Grafindo Persada.

Published
2022-09-01
How to Cite
Rachmat Rizaldi, Syahwin, S., & Ramadani, R. (2022). Efektifitas E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Smart Apps Creator terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA/MA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 720-725. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.647
Abstract viewed = 47 times
PDF downloaded = 45 times