Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Kelas V SDN Manggekompo Tahun 2017/2018
Abstract
Keberhasilan pembelajaran tidak terlepas dari pemilihan metode yang tepat. Metode pembelajaran merupakan cara guru menyampaikan materi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah Keaktifan dan hasil belajar IPA pada aspek kognitif siswa masih rendah sehingga perlu dicari solusi untuk kemajuan yang lebih baik, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode eksperimen kelas V SD Manggekompo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus 1 tidak terlalu signifkan yaitu sebesar 21,43%. Berdasarkan hasil belajar siklus II, guru dan peneliti menganalisis dan mengalami peningkatan yaitu 85,71%. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SD Negeri Manggekompo. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri Manggekompo pada kelas V memiliki keterbatasan yang perlu diungkapkan diantaranya terdapat 4 siswa yang masih memiiliki hasil belajar di bawah KKM. Siswa yang masih belum tuntas akan ditangani secara khusus oleh guru kelas.
Downloads
References
Budi Prasojo. (2004). Teori dan Aplikasi Fisika untuk Kelas 2 SMP. Jakarta: Yudhistira
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian TindakanSekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.
Gaggne & Briggs (JamilSuprihatiningrum, 2013). Strategi Pembelajaran: Teori Aplikasi. Yogyakarta: Ar Russ Media
Maslichah Asy’ari. (2006). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
MulyaniSumantri. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi
Moedjono.(1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Nana sudjana.(2009).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nugrahini Dwi Wijayanti. (2012). Peningkatan Keaktifan Siswa Menggunakan
Pendekatan Kontekstual Berbasis Hands on Activity pada Pembelajaran IPA Tema Pencemaran Air Kelas VII di SMP N 1 Seyegan. Skripsi, tidak diterbitkan, Yogyakarta, UNY.
Oemar Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar.Jakarta : BumiAksara
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (1995). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksa
Suharsimi Arikunto. (2009). -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sri Sulistyorini dan Supartono.(2007). Model Pembelajaran IPA danPenerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana
S. Rositawaty dan Aris Muharam. (2008). Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5: untuk Kelas V Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Trianto.(2007).ModelPembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek.Jakarta:Prestasi PustakaRaya
Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.