Pengaruh Perkuliahan Daring VS Perkuliahan Tatap Muka terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pasca Pandemi Covid-19

  • Jainal Abidin Universitas Graha Nusantara
  • Erwina Azizah Hasibuan Universitas Graha Nusantara
  • Mahdalia Harahap SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perbandingan motivasi belajar pada saat belajar daring dan belajar tatap muka setelah pasca pandemic covid berakhir. Wabah penyakit covid-19 merupakan keadaan diluar prediksi telah membawa perubahan yang mendesak di berbagai sektor kegiatan diantaranya pada dunia pendidikan. Hal tersebut mempengaruhi kebijakan untuk diterapkan pada dunia pendidikan dengan merubah pembelajaran yang harus datang ke kelas menjadi cukup di rumah saja. Banyak tantangan penerapan pembelajaran secara daring yang didapatkan pada saat pandemic covid ini, salah satunya motivasi belajar. Motivasi belajar cenderung akan muncul dengan baik jika adanya interaksi langsung antara pendidik dengan peserta didiknya. Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom, google meet, google classroom dan whatsapps yang proses pembelajarannya secara virtual. Banyak peserta didik hanya cuma mengikuti tetapi tidak memahami karena tidak adanya motivasi belajar. Sehingga diperlukan solusi untuk mengembalikan motivasi belajar. Pembelajaran tatap muka adalah solusi untuk meningkatkan motivasi belajar. Dengan dilaksanakannya kembali pembelajaran tatap muka terbatas yaitu dengan tetap menerapakan protocol kesehatan akan meningkatkan motivasi belajar. Sehingga pada penelitian ini didapatkan hasil dari perbandingan dari pengaruh pembelajaran secara daring dengan pembelajaran tatap muka didapatkan bahwa penerapan pembelajaran tatap muka menyebabkan meningkatnya motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Perkuliahan, Covid-19, Daring, Tatap Muka, Motivasi Belajar

References

Ahmad, A. F., & Amin, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 109-125. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i2.1488

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99-108. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Dewi, E. U. (2020). Pengaruh kecemasan saat pembelajaran daring masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18-23. https://doi.org/10.47560/kep.v9i1.210

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(5), 533-541. https://doi.org/10.17977/um063v1i5p533-541

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Harahap, A. N., & Abidin, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 231-235 https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2733

Meri, M., Enawaty, E., Masriani, M., Muharini, R., & Ulfah, M. (2022). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1), 21-33. https://doi.org/10.33394/hjkk.v10i1.5176

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225-236. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030

Ramadhani, Y. R., & Abidin, J. (2021). Evaluation In Distance Learning In English Courses: A Case Study Of Non-English Department Students. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(4), 463-467. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.3162

Seftiani, D. S., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6412-6418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3223

Sriyanti, S., Munawaroh, A., & Indrawari, K. (2021). Implementasi Pembelajaran Melalui Media Whatshapp Group Ditinjau Dari Motivasi Belajar Mahasiswa (Masa Pandemic Covid 19). Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 137-152. https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.317

Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41-50. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4828

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Tabun, M. A. (2021). Pengaruh Kuliah Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Daerah Jabodetabek Selama Masa Pandemik Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 21-31. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i2.2537

Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849

Published
2022-09-02
How to Cite
Jainal Abidin, Erwina Azizah Hasibuan, & Mahdalia Harahap. (2022). Pengaruh Perkuliahan Daring VS Perkuliahan Tatap Muka terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pasca Pandemi Covid-19. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 732-738. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.650
Abstract viewed = 88 times
PDF downloaded = 59 times