Meta Analisis Pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika

  • Suhardiman Suhardiman UIN Alauddin Makassar
  • Nur Asni UIN Alauddin Makassar
  • Andi Ika Prasasti Abrar UIN Alauddin Makassar
  • Ummul Hasanah UIN Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Meta-Analisis yang bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET terhadap hasil belajar dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah Meta Analisis, dengan populasi dan sampel penelitian adalah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan melalui google scholar, berskala nasional membahas Media Simulasi E-Learning PhET terhadap hasil belajar fisika, pada tahun 2016-2022. Hasil penelitian diperoleh: 1) Penerapan media simulasi E-Learning PhET pada jenjang pendidikan diperoleh nilai effect size pada jenjang SMP lebih tinggi dibanding jenjang pendidikan SMA, 2) Penerapan media simulasi E-Learning PhET diperoleh nilai effect size jenis penelitian quasi eksperimen lebih tinggi dibanding true eksperimen 3) Penerapan media simulasi E-Learning PhET terhadap hasil belajar memiliki efek tertinggi pada materi suhu dan kalor.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Meta Analisis, Effect Size, Media Simulasi PhET, Pembelajaran Fisika

References

Asih, E. E. S., Suherman, A., & Darman, D. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Konsep Energi Mekanik. 1(1), 50–58.

Anitah, S. (2013). Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi. Strategi Pembelajaran, 2(2), 120.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75.

Atmawinaldi, R., Harun, A. I., & Sartika, R. P. (2012). Pengaruh Media Physics Educational Tecnology (PhET) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Molekul. Jurnal Pendidikan Kimia, 1–8.

Darmawan, I. A., & Dwijayati, Y. (2019). Aplikasi Model Advance Organizer Berbantuan Media Phet Berbasis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Terhadap Hasil Belajar. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(2).

Adlina, Manurung, S. R., & Apriani, Y. (2019). Efektivitas model discovery learning Berbantuan Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Fisika di kelas X sma Swasta Al-washliyah 1 medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7(4), 9–16.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.

Farid, A. M. M., Faradiyah, A. R., Maghfira, A., Lestari, A. P., & Tullah, H. (2018). Pengaruh Media Simulasi Phet Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik the Influence of Phet ( Physics Education Technology ) Simulation Media on Physics Subjects Using Discovery. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 105–112.

Haerana, A. H., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2021). Pengaruh Media Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Ix Smpn 13 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Listrik Dinamis). Jurnal IPA Terpadu, 4(2), 12–19.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Haris, R., Suherman, A., & Darman, D. R. (2018). Penerapan Model Stad Berbantu Simulasi Virtual Phet Pada Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Kelas XI. 1(1), 59–63.

Herdiana, M., Kurniawan, E. S., & ... (2016). Pengaruh Simulasi Physics Education Of Technology (PhET) Terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kutoarjo Tahun Radiasi: Jurnal Berkala, 08(1), 38–43.

Hidayatullah, Z., Makhrus, M., & Gunada, I. W. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sman 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 151–157.

Jauhari, T., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 7–12.

Manurung, H. L., & Marpaung, N. (2017). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing berbantuan Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 2 Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16.

Muh. Salman Al-Parisi, Muhammad Taufik, S. A. (2012). Pengaruh Simulasi Komputer Phet Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ma Nw Perian. 1–5.

Nurjanah, R., & Efendi, A. (2019). Literary Learning for Teenager Inmates in Institute for Children Special Rehabilitation. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 411–425. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.27322

Panggabean, J. H., & Tampubolon, I. K. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Optika Geometris Di Kelas X Sman 2 Kabanjahe T.P. 2014/2015. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(2).

Prastika, E., Purwanto, A., & Nirwana, N. (2020). Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Instruction (Ici) Berbantuan Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 141–150.

Rahma, A. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab Phet Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy, 8(2), 47–51.

Rasyidah, K., Supeno, & Maryani. (2018). Pengaruh Guided Inquiry Berbantuan PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 129–134.

Sakdiah, H., & Sasmita, P. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantukan Media PhET Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 65–70.

Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110–115.

Sinambela, Y. M. dan S. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction (Arias) Berbantuan Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa. 54–60.

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159.

Simangunsong, E. (2019). Factors determining the quality management of higher education: A case study at a business school in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 215–227. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.19685

Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik teknologi pendidikan: E-learning. Kencana.

Koriaty, S., & Nurcahyo, R.W (2020). Efektivitas Pembelajaran E-Learning Pada Mata Kuliah Teknologi dan Media Pendidika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 56-65

Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (ALFABETA).

Ozilgen, Z. S. (2019). Cooking as a Chemical Reaction Culinary Science with Experimen. CRC Press, Taylor & Francis Group.

Published
2022-09-13
How to Cite
Suhardiman, S., Nur Asni, Andi Ika Prasasti Abrar, & Ummul Hasanah. (2022). Meta Analisis Pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 779-791. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.652
Abstract viewed = 23 times
PDF downloaded = 24 times