Pengembangan Modul Praktikum berbasis Green Chemistry untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Calon Guru IPA
Abstract
Analisis Senyawa Kimia (ASK) merupakan salah satu mata kuliah praktikum yang bertujuan untuk membekali calon guru IPA ilmu yang berkaitan dengan analisis senyawa organik maupun non organik, baik secara konvensial maupun dengan menggunakan instrument analisis modern. Namun demikian, praktikum ASK seringkali menggunakan bahan-bahan kimia yang kurang ramah lingkungan sehingga berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan. Peneliti telah berupaya mengembangkan modul praktikum berbasis green chemistry pada Mata Kuliah ASK agar calon guru dapat melaksanakan praktikum sekaligus menanamkan karakter peduli lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan validitas dan uji respons modul praktikum berbasis green chemistry pada Mata Kuliah ASK bagi calon guru IPA; dan 2) Mendeskripsikan penerapan modul praktikum berbasis green chemistry pada Mata Kuliah ASK untuk menanamkan karakter peduli lingkungan. Data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian produk pengembangan yang disusun dengan skala Likert oleh ahli materi, ahli desain, ahli bahasa/ kependidikan dan mahasiswa/ pengguna terbatas, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui pengisian komentar dan saran, baik dari ahli maupun pengguna terbatas. Validitas modul berdasarkan uji ahli yang dikembangkan memiliki skor pada komponen kelayakan materi adalah sebesar 3,88, komponen kelayakan desain adalah 3,71 dan komponen kelayakan kebahasaan adalah 3,31 (skala 1-4). Selanjutnya, hasil pengujian dengan angket respon mahasiswa memperoleh prosentase sebesar 90,6% untuk komponen kelayakan desain/ penyajian; sebesar 91,4% untuk komponen kelayakan materi dan 96,9% untuk aspek kebahasaan.
Downloads
References
Abbas, M., Zakaria, A. M., Balkhyour, M. A., & Kashif, M. (2016). Chemical Safety in Academic Laboratories: An Exploratory Factor Analysis of Safe Work Practices & Facilities in a University. Journal of Safety Studies, 2(1), 1. https://doi.org/10.5296/jss.v2i1.8962
Anastas, P. T., & Beach, E. S. (2009). Changing the Course of Chemistry. https://pubs.acs.org/sharingguidelines
Arifin, W., Latisma, L., & Oktavia, B. (2018). A Development Module of Chemistry Learning Based on Chemo-entrepreneurship Oriented. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT)-Journals.Org, 7(1), 51–56. http://ijpsat.ijsht-journals.org
DİNÇOL ÖZGÜR, S., ÖZDEMİR ŞİMŞEK, P., & YILMAZ, A. (2016). Biyoloji Öğretmen Adaylarının Kimya Laboratuvar Yaşantıları: Bir Durum Çalışması. Necatibey Eğitim Fakültesi Elektronik Fen ve Matematik Eğitimi Dergisi, 125–125. https://doi.org/10.17522/balikesirnef.277482
Emda Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, A. (2014). LABORATORIUM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN KERJA ILMIAH. In Lantanida Journal (Vol. 2, Issue 2).
Guidelines for Chemical Laboratory Safety in Secondary Schools. (2016).
Kadek Ana Peratiwi, N., Wayan Redhana, I., & Maryam Jurusan Pendidikan Kimia, S. (2014). BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM KIMIA RAMAH LINGKUNGAN UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA SMA (Vol. 2, Issue 1).
Karpudewan, M., Ismail, Z. H., & Mohamed, N. (2011). Green Chemistry: Educating Prospective Science Teachers in Education for Sustainable Development at School of Educational Studies, USM. Journal of Social Sciences, 7(1), 42–50.
Oleh. (2017). PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BERNUANSA GREEN CHEMISTRY PADA MATERI ASAM BASA, LARUTAN PENYANGGA, DAN HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan dalam Ilmu Kimia.
Prabawati, S. Y., & Wijayanto, A. (n.d.). PENERAPAN GREEN CHEMISTRY DALAM PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK (MATERI REAKSI NITRASI PADA BENZENA).
Redhana, W., Luh, D., & Merta, M. (n.d.). GREEN CHEMISTRY PRACTICUM TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES OF REACTION RATE TOPIC.
Wahyuningsih, A. S., & Rohmah, D. J. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MAHASISWA CALON GURU IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1).
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.