Hubungan antara Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Matematika dengan Pemahaman Konsep Sains dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara: (1) keterampilan proses sains dengan pemahaman konsep sains (2) kemampuan matematika dengan pemahaman konsep sains, dan (3) keterampilan proses sains dan kemampuan matematika dengan pemahaman konsep sains. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Playen. Sampel penelitian adalah kelas VIII D SMPN 1 Playen. Pengumpulan data dilaksanakan dengan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi positif yang signifikan antara keterampilan proses sains dengan pemahaman konsep sains, (2) terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan matematika dengan dengan pemahaman konsep sains, dan (3) terdapat korelasi positif yang signifikan antara keterampilan proses sains dan kemampuan matematika dengan pemahaman konsep sains secara bersama-sama.
Downloads
References
Chabalengula, M.V., Mumba, F & Mbewe, S. (2012). How Pre-service teachers’ Understand and Perform Science Process Skill. Eurasia Jour-nal of Mathematics, science & technology Education. 8(3): 167-176
Dahar, W.R. (2011). Teori-tori Belajar & pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Kristianingsih, D.D., Sukiswo, & Khanafiah, S. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan alat-alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6: 10-13
Liu, C.C & Chen, I. J. C. (2010). Evolution of constructivism. Contemporary issues in education research, 3 (4). 63-66.
Marnita. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Pembelajaran Kontekstual pada Mahasiswa Semester I Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 (2013) 43-52.
Musdar. (2015). Hubungan Kemampuan Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Kinematika Analisis Vektor di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Fisika Edukasi (JFE) Vol.2 No.2 Oktober. 102-107.
Parno. (2014). Deskripsi Prestasi Belajar Mahasiswa Fisika Melalui Model Penemuan Terbimbing Dengan Strategi Self-Explanation Pada Mata Kuliah Fisika Zat Padat. Berkala Fisika Indonesia. Vol. 6 Nomor 2.
Riyan Melani, Harlita, dan Bowo Sugiharto. (2012). Pengaruh Metode Guided Discovery Learning terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Surakarta: Jurnal Pendidikan UNS.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sulistyowati, E., & Wisudawati, W. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumarmo U dan Heridana H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Taufik Widhiyantoro, Meti Indrowati, dan Riezky Maya Probosari. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Guided Discovery terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X SMA N 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Surakarta: Jurnal Pendidikan UNS.
Yusnita, R. dkk. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing (Guide Discovery) Dengan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Pada Materi Pokok Peluang Kelas IX SMP Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2, No. 4, 379-388. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/
Zulhelmi. (2009). Penilaian Psikomotor dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Sains Melalui Penerapan Penemuan Terbimbing Di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains 3 (2). 8-13. http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS/article/download/300/294. (27 Februari 2015).
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.