Media Pembelajaran Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pemeliharaan Mesin
Abstract
Belajar fisika menekankan pada dua segi keaktifan, yaitu aktif bertindak secara fisik atau hands-on dan aktif berpikir atau minds-on. Praktikum dalam pembelajaran fisika sangat penting dalam rangka mendukung pembelajaran dan memberikan penekanan pada aspek proses dan hands-on. Penyebaran dan penularan COVID-19 semakin hari semakin tidak terkendali, sehingga memaksa Pemerintah meniadakan kegiatan pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi komputer dalam pembelajaran fisika adalah pengembangan virtual laboratory. Model pengembangan virtual laboratory menggunakan Research and Development (R & D). Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa prodi pemeliharan mesin Politeknik Negeri Ketapang. Tujuan Penelitian adalah menguji efektivitas media pembelajaran virtual laboratory untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dalam pembelajaran daring. Instrumen penelitian yang digunakan adalah aplikasi virtual laboratory, angket keterbacaan produk, dan perangkat pembelajaran matakuliah fisika dasar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji efektivitas software virtual laboratory pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji efektivitas penggunaan virtual laboratory dalam pembelajaran fisika mahasiswa prodi pemeliharaan mesin didapatkan nilai Post-test kelas control adalah sebesar 45,5 dan hasil post-test kelas eksperimen sebesar 70,5. Perbedaan hasil Post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan terdapat perbedaan hasil dari perlakuan virtual laboratory.
Downloads
References
Arifuddin, Arifuddin, Sutrio Sutrio, and Muhammad Taufik. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Hands On Activity Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2c):894–900. doi: 10.29303/jipp.v7i2c.631.
Bogusevschi, Diana, Cristina Muntean, and Gabriel-Miro Muntean. 2020. “Teaching and Learning Physics Using 3D Virtual Learning Environment: A Case Study of Combined Virtual Reality and Virtual Laboratory in Secondary School.” Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching 39(1):5–18.
Creswell, John W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.
Dewi, S. M., G. Gunawan, A. Harjono, S. Susilawati, and L. Herayanti. 2020. “Generative Learning Models Assisted by Virtual Laboratory to Improve Mastery of Student Physics Concept.” Journal of Physics: Conference Series 1521(2):022013. doi: 10.1088/1742-6596/1521/2/022013.
Faour, Malak Abou, and Zalpha Ayoubi̇. 2018. “The Effect of Using Virtual Laboratory on Grade 10 Students’ Conceptual Understanding and Their Attitudes towards Physics.” Journal of Education in Science Environment and Health 4(1):54–68.
Gunawan, G., A. Harjono, H. Sahidu, and L. Herayanti. 2017. “VIRTUAL LABORATORY OF ELECTRICITY CONCEPT TO IMPROVE PROSPECTIVE PHYSICS TEACHERS CREATIVITY.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 13(2):102–11. doi: 10.15294/jpfi.v13i2.9234.
Gunawan, G., A. Harjono, H. Sahidu, L. Herayanti, N. M. Y. Suranti, and F. Yahya. 2019. “Using Virtual Laboratory to Improve Pre-Service Physics Teachers’ Creativity and Problem-Solving Skills on Thermodynamics Concept.” Journal of Physics: Conference Series 1280(5):052038. doi: 10.1088/1742-6596/1280/5/052038.
Gunawan, G., N. Nisrina, N. M. Y. Suranti, L. Herayanti, and R. Rahmatiah. 2018. “Virtual Laboratory to Improve Students’ Conceptual Understanding in Physics Learning.” Journal of Physics: Conference Series 1108:012049. doi: 10.1088/1742-6596/1108/1/012049.
Gunawan, Gunawan, Nina Nisrina, Ni Suranti, and Lovy Herayanti. 2018. “Enhancing Students’ Creativity in Physics Classroom Using Virtual Laboratory.” Pp. 362–66 in. Atlantis Press.
Hapid, Abdul. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Fisika Dalam Memahami Konsep Momentum Dan Impuls Melalui Pendekatan Konstruktivisme Siswa.” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 3(2):230–53. doi: 10.31960/ijolec.v3i2.970.
Hill, M., M. D. Sharma, and H. Johnston. 2015. “How Online Learning Modules Can Improve the Representational Fluency and Conceptual Understanding of University Physics Students.” 36(4):045019. doi: 10.1088/0143-0807/36/4/045019.
Jannati, E. D., A. Setiawan, P. Siahaan, and C. Rochman. 2018. “Virtual Laboratory Learning Media Development to Improve Science Literacy Skills of Mechanical Engineering Students on Basic Physics Concept of Material Measurement.” Journal of Physics: Conference Series 1013(1):012061. doi: 10.1088/1742-6596/1013/1/012061.
Kapilan, N., P. Vidhya, and Xiao-Zhi Gao. 2021. “Virtual Laboratory: A Boon to the Mechanical Engineering Education During Covid-19 Pandemic.” Higher Education for the Future 8(1):31–46. doi: 10.1177/2347631120970757.
Maharani, Ridayatul Jannah Putri, Muhammad Taufik, Syahrial Ayub, and Joni Rokhmat. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Bantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6(1):113–18. doi: 10.29303/jppipa.v6i1.326.
Rahmatiah, R., Gunawan Gunawan, and Sutrio Sutrio. 2013. “MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI OPTIK.” Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika 1(2):86–94. doi: 10.33394/j-lkf.v1i2.203.
Saharsa, Ulfi, Muhammad Qaddafi, and Baharuddin Baharuddin. 2018. “EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO BASED LABORATORY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA.” JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 6(2):57–64. doi: 10.24252/jpf.v6i2.5725.
Sitompul, Juliana Naftali. 2018. “PENGARUH HANDS ON MINDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SMPS METHODIST TANJUNG MORAWA.” JURNAL EDUSCIENCE 5(2):11–13. doi: 10.36987/jes.v5i2.926.
Sukmadinata, NS. n.d. Metode Penelitian Pendidikan. 12th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yuliati, L. 2013. “EFEKTIVITAS BAHAN AJAR IPA TERPADU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9(1). doi: 10.15294/jpfi.v9i1.2580.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.