Analisis Komparatif Variabel Independen E-learning terhadap Hasil Belajar Matematika dan Pemasaran Internasional Menggunakan Metode Bootstrap

  • Yunia Mulyani Azis STIE Ekuitas
  • Fitri Lestari STIE Ekuitas

Abstract

Pandemi yang terjadi telah memperkenalkan masyarakat pada proses pembelajaran E-learning, dimana pada awalnya pemerintah mewajibkan pembelajaran dilakukan secara online. Selama pelaksanaan E-learning berlangsung banyak hambatan yang ditemui baik oleh pengajar maupun pelajar, diantaranya adalah hasil belajar yang berbeda antara ilmu eksak dan non eksak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar E-learning apabila diterapkan pada ilmu eksak dan non eksak. Ilmu eksak yang digunakan adalah Matematika, sedangkan ilmu non eksaknya Pemasaran Internasional. Sampel penelitian digunakan 71 mahasiswa, selama penelitian sampel tidak diberik perlakuan apapun oleh peneliti (ex post facto), pengumpulan data dilakukan dengan cara memberi tes pada akhir perkuliahan. Agar hasilnya lebih akurat dan dapat diterapkan pada populasi, maka analisis uji beda menggunakan metode boostrap. Hasil penelitian menunjukkan nilai tertinggi mata kuliah eksak (Matematika) adalah 7,89 dan nilai terendah sebesar 5,57. Sedangkan nilai tertinggi untuk mata kuliah non eksak (Pemasaran Internasional) sebesar 9,59 dan nilai terendah sebesar 5,75. Maka E-learning lebih efektif digunakan untuk mata kuliah non eksak pemasaran internasional, dan tidak efektif untuk Matematika sebagai mata kuliah eksak. Pemilihan mata kuliah untuk E-learning sangat penting dan dapat melakukan penambahan metode tatap muka supaya dapat berinteraksi langsung antara pengajar dan mahasiswa serta memperbanyak untuk latihan dan praktik sampai tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Hasil Belajar, Bootstrap, Analisis Komparatif

References

Akhtar, H. (2020). Berkenalan dengan Bootstrapping dalam Statistik. https://www.semestapsikometrika.com/2020/03/berkenalan-dengan-bootsrapping-dalam.html

Astari, N. M. ., Suciptawati, N. L. ., & Sukarsa, I. K. . (2014). Penerapan Metode Bootstrap Residual Dalam Mengatasi Bias Pada Penduga Parameter Analisis Regresi. E-Jurnal Matematika, 3(4), 130. https://doi.org/10.24843/mtk.2014.v03.i04.p075

Azis, Y. M., Leatemia, M., & Ambon, P. N. (2021). The Effectiveness of e-Learning, Learning Styles, Prior Knowledge, and Internet Self-Efficacy in Business Mathematics Courses. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(2), 353–365. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v12i2.31022

Dewi, Y. N., & Sariasih, F. A. (2019). Metode Sample Bootstrapping Untuk Meningkatkan Performa Algoritma Naive Bayes Pada Citra Tunggal Pap Smear. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jti.v12i1.11031

Fraenkel, J. L., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed) (8th ed.). McGraw Hill.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. https://doi.org/DOI Prefix 10.26740/jpap

Hikmah, S. (2020). Pemanfaatan E-Learning Madrasah Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi di Min 1 Rembang. Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 4(2), 73–85. https://doi.org/http://doi.org/10.37730/edutrained.v4i2.81

Mira, M., Sabilah, A., Royani, S., Sopiah, S., Sahriani, S., Rahmi, R., Sonang Siregar, P., & Marta, E. (2021). Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 351–357. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34535

Morissan. (2015). Metode Penelitian Survei. Prenada Media.

Mudijono, M., & Azis, Y. M. (2022). Analisis Peningkatan Hasil Belajar dengan Metode Jigsaw Menggunakan E- Learning Google Meet Pada Materi Persamaan Diferensial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 572–585. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1293

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i3

Prasistayanti, N. wayan N., Santyasa, I. wayan, & Warpala, I. wayan sukra. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreaktif Siswa dalam Mata Pelajaran Pemrograman Pada Siswa SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(02), 138–155. https://doi.org/http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155

Rangkuti, R. K., Sormin, M. A., & Sahara, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri Panyabungan. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 7(1), 77–86. https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.77-86

Sidiq, A. W., & Nuswantoro, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (E-Learning) dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang. Solusi, 19(2), 15–27. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3047

Suprayogie, D. ., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Mutu Belajar Dengan Mutu Proses Belajar Mengajar Sebagai Variabel Intervening Mata Kuliah Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 24–35. https://doi.org/DOI PREFIKS 10.36232

Yulianti, D. . (2022). Pembelajaran Inovatif Dalam Pengajaran Jarak Jauh Selama. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE), 6(2), 85–101. https://doi.org/https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i2.5051

Yusuf, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Published
2022-09-12
How to Cite
Yunia Mulyani Azis, & Fitri Lestari. (2022). Analisis Komparatif Variabel Independen E-learning terhadap Hasil Belajar Matematika dan Pemasaran Internasional Menggunakan Metode Bootstrap. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 772-778. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.685
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 15 times