Perancangan E-Modul Interaktif Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Imas Tesia Putri Universitas Serang Raya
  • Rina Oktaviyanthi Universitas Serang Raya
  • Khotimah Khotimah Universitas Serang Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar E-Modul interaktif berbasis TPACK untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi aljabar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, lembar validasi, dan lembar penilaian siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi ahli, serta respon siswa terhadap E-Modul interaktif berbasis TPACK. Pada hasil data penelitian diperoleh bahwa bahan ajar E-Modul interaktif berbasis TPACK layak digunakan dengan tingkat kelayakan 91,6% yang berasal dari uji ahli media, 88,3% dari uji ahli pendidikan matematika dan 95% dari uji ahli matematika . Respon siswa pada uji lapangan baik mulai dari kelengkapan sudah sangat lengkap (63%), tampilan yang menarik (50%), kombinasi warna yang bagus (53%), bahasa yang mudah dimengerti siswa SMP bagus (57%), ilustrasi dapat mewakili materi Aljabar (57%), dan E-Modul dapat membantu kemampuan pemecahan masalah matematis (57%). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar E-Modul interaktif berbasis TPACK layak digunakan dan dapat membantu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: E-Modul Interaktif, TPACK, Pemecahan Masalah Matematis

References

Albay, E. M. (2019). Analyzing the effects of the problem solving approach to the performance and attitude of first year university students. Social Sciences & Humanities Open, 1(1), 100006. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100006

Aulia, D. M., Parno, & Kusairi, S. (2021). Pengaruh E-module Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 7–12. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/

Gella, N. J. M., & Bien, Y. I. (2022). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Linear Berbasis IT untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. 6(3), 3473–3481.

Havill, J. (2020). How to Solve It. In Discovering Computer Science. https://doi.org/10.1201/9781003037149-1

Juliani, N. K. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Denpasar [Universitas Pendidikan Ganesha]. https://repo.undiksha.ac.id/10371/

Khatimah, H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2018). Pengembangan Lks Berbasis Kearifan Lokal Untuk Peningkatan Keterampilan Penyelesaian Masalah Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 173. https://doi.org/10.33394/bjib.v6i2.2458

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303

Krismasari, E. R. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Aljabar untuk SMP/MTs dengan Menyisipkan Nilai Sikap [UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO]. http://eprints.umpo.ac.id/1783

Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Development of 3N-Oriented TPACK Mathematical Computing E-Modules. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 122. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5833

Palgunadi, N. P. P. D. (2021). PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING CYCLE (ALC) BERBASIS E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MENGWI PADA MASA PANDEMI COVID-19. https://repo.undiksha.ac.id/5347/

Palgunadi, N. P. P. D., Sudiarta, I. G. P., & Ardana, I. M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran ALC berbasis E-Modul Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Masa Pandemi COVID-19. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8286

Raradhita, A., Sukamto, & Wakhyudin, H. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUIPENDEKATAN OPEN ENDED BERBASIS TPACK UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWASEKOLAH DASAR. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9779

Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941–2953. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.957

Sugiarto, H. (2019). Komponen Kelayakan Kegrafikan. https://anzdoc.com/komponen-kelayakankegrafikaan.html

Suryanda, A., Ernawati, E., & Maulana, A. (2018). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning Dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa Sma Kelas X. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.9

Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Journal of Elementary Education, 03(03), 3.

Wijayanto, & Zuhri, M. S. (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Mathematics and Sciences Forum, 625–628. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/masif2014/masif2014/paper/viewFile/487/436

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Published
2022-09-16
How to Cite
Imas Tesia Putri, Rina Oktaviyanthi, & Khotimah, K. (2022). Perancangan E-Modul Interaktif Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 820-830. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.693
Abstract viewed = 49 times
PDF downloaded = 29 times