Analisis Pemanfaatan Media Kartu Ion terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa

  • Mariaty Tada Universitas Katolik Widya Mandira
  • Hironimus C. Tangi Universitas Katolik Widya Mandira
  • Erly Grizca Boelan Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ilmu kimia yang bersifat abstrak sehingga banyak peserta didik menganggap bahwa ilmu kimia sulit untuk dipelajari. Fakta tersebut ditemukan pada peserta didik kelas X MIPA SMA Santo Arnoldus Janssen Kupang dimana hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik sulit mengerti materi kimia. Tujuan dalam penelitian ini adalah agar lewat pemanfaatan media kartu ion dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Arnoldus Janssen Kupang pada tanggal 28 Maret 2022 terhadap 18 orang peserta didik. Analisis data menggunakan validasi media kartu ion yang dinyatakan sangat valid, lembar observasi keterlaksanaan RPP dengan nilai reliabilitas 0,96 dengan kategori baik, respon peserta didik terhadap pemanfaatan media kartu ion dengan rata-rata 83,05 kategori sangat baik, tes hasil belajar dengan rata-rata sebesar 82,27 dengan kategori tuntas dan adanya pengaruh antara respon terhadap hasil belajar peserta didik dimana Fhitung ≥ Ftabel yakni 20,111≥4,49.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Media Kartu Ion, Hasil belajar, Tata Nama Senyawa

References

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Boelan, E. G., Baunsele, A. B., Kopon, A. M., Tukan, M. B., Leba, M. A. U., & Komisia, F. (2022). Improving the pedagogic competence of Pandhega Jaya Christian High School teachers through making learning videos. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(3), 508–518.

Fahmeyzan, D., Soraya, S., Etmy, D., & Mataram, S. B. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro desa senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31–36.

Fallo, D. N., Tangi, H., & Boelan, E. G. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pada Materi Sistem Koloid Kelas Xl IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 73(2), 221–228.

Herlina, H., Heliawati, L., & Permana, I. (2019). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui pembelajaran tata nama senyawa kimia dengan menggunakan media piringan kation anion. Journal of Science Education and Practice, 3(1), 19–32.

Mashami, R. A., Andayani, Y., & Sofia, B. F. D. (2014a). Pengembangan Media Kartu Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 13(4), 407–414.

Mashami, R. A., Andayani, Y., & Sofia, B. F. D. (2014b). Pengembangan Media Kartu Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 13(4), 407–414.

Murni, A. S., Tukan, M. B., & Boelan, E. G. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Pada Materi Asam dan Basa Siswa Kelas XI IPA 1 SMAK St. Familia Wae-Nakeng. Jurnal Beta Kimia, 1(1), 15–21.

Muryaningsih, S., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan rpp tematik-integratif untuk meningkatkan karakter kerja keras di kelas 1 sd n 2 sokaraja tengah. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 190–201.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128–135.

Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Sebagai Sumber Belajar untuk Guru dan Peserta Didik. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4).

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113.

Silaban, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 3(1), 86–95.

Published
2022-09-16
How to Cite
Mariaty Tada, Hironimus C. Tangi, & Erly Grizca Boelan. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Kartu Ion terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 838-842. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.694
Abstract viewed = 36 times
PDF downloaded = 18 times