Pengembangan Bahan Ajar IPA Topik Pencemaran Lingkungan Berbasis Nilai-Nilai Keislaman pada Lingkungan Rawa Gambut
Abstract
Pengembangan bahan ajar merupakan kegiatan mendesain bahan ajar yang sudah ada menjadi bahan ajar yang baru dengan tujuan menciptakan kegiatan belajar yang efektif dan efesien sesuai dengan kebutuhan siswa, dan memiliki nilai lebih dari bahan ajar sebelumnya. Bahan ajar yang terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menjadi salah satu cara untuk menanamkan nilai-nilai keislaman kepada siswa, selain itu perlu memberikan bahan ajar yang berkaitan dengan lingkungan sekitarnya sendiri, karena seperti yang diketahui Banjarmasin merupakan lingkungan Rawa Gambut yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian (R&D), yang dimana pada tahapan yang dilakukan pada penelitian yaitu melakukan (1) Studi Pendahuluan (Research and Information Collecting), (2) Merencanakan Penelitian (Planning Research), (3) Pengembangan Desain (Develop Preliminary Of Product), (4) Uji lapangan terbatas (Preliminary Field Testing), dan (5) Revisi Hasil Uji lapangan terbatas (Main Product Revision). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan sangat layak dan sangat praktis untuk dapat digunakan oleh guru maupun siswa di sekolah sebagai bahan ajar. Selanjutnya bahan ajar dapat didesiminasikan ke uji lapangan yang lebih luas untuk mengukur keefektifan bahan ajar yang sudah dikembangkan.
Downloads
References
Aprellianto, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Android Materi Gaya dan Gerak Kelas IV SDN Kembangarum 02 Semarang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34747
Arifin, S. (2017). Standar Buku Ajar dan Modul Ajar. Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran.)
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 2(1). http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571
Dewi, N. (2020). Pengenalan Nilai-Nilai Islam Pada Modul Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Inkuiri Kelas IV MI Darussalam Lampung Selatan. Jurusan: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Monitha et al., (2022)Pengembangan bahan ajar berbasi E-book pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di SD Negeri Serang 20. Primary; Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 11(2). http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8551
Pendidikan et al., n.d.Peraturan Pemerintah Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).
Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Pendidikan Nasional.
Salam, A., Miriam, S., Arifuddin, M., Ihsan, i. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Bantaran Sungai Barito Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat.)
Sanjaya, W.( 2015). Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur.: Jakarta: Prenadamedia.
Shobirin & Kajian, n.d..2020). Pengembangan Modul IPA Kelas VI dengan Model Cooperative Learning. Edcomtech. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1). http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p024
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.)
Ayu Oka Utami et al., n.d.. (2020). Analisis Kebutuhan Dan Situasi Pembelajaran Ipa Smp Pada Wilayah Kota Di Bali Dalam Rangka Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya. 14(2). https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.19236
Hakim, 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 3(2). 10.29303/jipp.v3i2.22
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.