Efektivitas Penerapan Permainan Kartu Bilangan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Pallette

  • Sirwanti Sirwanti STKIP Muhammadiyah Bone

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 12/79 Pallette yang berjumlah 54 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas dengan teknik proportional random sampling yaitu kelas Vc dan Vd dengan jumlah siswa setiap kelas 28 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan instrument penelitian berupa tes matematika yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen sebelum perlakuan dilaksanakan sebesar 53,4; 2) rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen setelah diajar dengan metode permainan kartu bilangan sebesar 779; 3) rata-rata hasil belajar matematika kelas control sebelum perlakuan dilaksanakan sebesar 57,6; 4) rata-rata hasil belajar matematika kelas control setelah diajar dengan menggunakan metode ekspositori sebesar 71; 5) rata-rata peningkatan hasil belajar matematika kelas eksperimen sebesar 24,3; 6) rata-rata peningkatan hasil belajar matematika kelas control sebesar 13,7; 7) Berdasarkan rata-rata hasil belajar matematika siswa tersebut dan hasil inferensial dengan menggunakan uji-t menunjukan bahwa metode bermainan kartu bilangan lebih efektif dari pada metode ekspositori pada pokok bahasan bilangan bulat siswa kelas V SD Inpres 12/79 Pallette.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: pembelajaran matematika, permainan kartu bilangan, operasi bilangan bulat

References

Fauzi, Mastur. 2013. Ragam Metode Pengajaran Eksakta pada Murid. Jogjakarta: DIVA Press.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah, Ali., & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: rajawali Pers.
Persada, Alif. Ringga. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Matematika Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Iain Syhekh Nurjati Cirebon Materi Mata Kuliah Teori Bilangan. UMP Purwokerto: Journal Of Mathematich Education, Volume 2. Nomor 1. http://jurnalnasional.ump.ac.id/ndex.php/alp hammath/article/view/217/213. (18/04/2017).
Romadhoni, Sharif. 2004. Efektivitas Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK YPKK 3 Sleman. Skripsi Hasil Penelitian Universitas
Negeri Yogyakarta. Online: Http://eprints.uny.ac.id/16057/1/SKRIPSI% FULL-09404241049.pdf. (Diakses Tanggal 18/04/2017).
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Published
2017-12-30
How to Cite
Sirwanti, S. (2017). Efektivitas Penerapan Permainan Kartu Bilangan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Pallette. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 115-120. Retrieved from https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/7
Abstract viewed = 246 times
PDF downloaded = 429 times