Peningkatan Kemampuan Pemahaman Isi Bacaan melalui Model Content Literacy (CL) di Sekolah Dasar Kota Langsa
Abstract
Membaca merupakan salah satu kegiatan kebahasaan yang sangat diperlukan oleh pesrta didik. Membaca tidak hanya melafalkan kata-kata yang tertulis disebuh teks namun juga pemindahan informasi sesuai denga apa yang dikehendaki penulis (transfer ilmu). Transfer ilmu ini sendiri sangat bergantung pada pemahaman peserta didik terkait isi bacaan. Salah satu metode yang ingin penulis kembangkan adalah Content Literacy (CL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman isi bacaan siswa kelas IV Kota Langsa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Deskripsi Kuantitatif dengan desain penelitian Pre-test Post-Test Group Desain Sampel pada penelitian ini adalah tiga sekolah SD/MIN Kota Langsa yaitu MIN 2 Kota Langsa, SD IT Al-Marhamah, dan SD Negri 1 Langsa. berdasarkan penerapan metode tersebut, ditemukan bahwa penggunaan metode CL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Wilxocon dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kelas pembelajaran CL mengalami peningkatan sebesar 4,81. Hal tersebut membuktikan pembelajaran model Cl dapat meningkatkan kemampuan isi bacaan siswa sekolah dasar di Kota Langsa.
Downloads
References
Agustina, E. (2021). Hubungan Antara Kecepatan Membaca dan Pemahaman Isi Bacaan. Titan Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(1), 28–38.
Ampuni, S. (1998). Proses Kognitif Dalam Pemahaman Bacaan.
Ariyati, T. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar Berbasis Permainan ( Penelitian Tindakan di Taman Kanak-kanak ’Aisyiyah 5 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Jawa Tengah Kelompok B, 2013).
Aulia, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu (Vol. 1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Iriani, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 004 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1), 89–97.
Kurniawati Pembimbing, R., & Bambang Yulianto, H. (2012). Penelitian Kemampuan Membaca Pemahaman Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII SMA di Surabaya.
Lenaini, I., & Artikel, R. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling Info Artikel Abstrak. 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard pada Pelajaran Membaca Permulaan.
naswiani samniah. (2016). Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas VII MTs Swasta Labibia. Humanika, 16(1), 1979–8296.
Nofrienti, L. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Fonik di Taman Kanak-Kanak Islam Adzkia.
Patiung, D., Tarbiyah, F., Uin, K., & Makassar, A. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual (Vol. 5, Issue 2).
Rasyid, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dengan Metode Talking Stick terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. In Jurnal Biotek (Vol. 3).
Sari, R. (2017). Pengantar Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.
Sumadyo. (2011). Membaca. Masmedia Buana Pustaka.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Yusrizal. (2015). Tanya Jawab Seputar Pengukuran. Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Syiah Kuala Universitas Press.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.