Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa

  • Yunita Sari Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh perhatian orang tua terhadap disiplin belajar siswa di MIS Nurul Arafah. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji liniearitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier sederhana, dan analisis determinasi (R2). Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian yaitu dari hasil analisis data, menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,018. Oleh karena 0,018<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Besarnya sumbangan pengaruh perhatian orang tua terhadap disiplin belajar adalah 10,1%, sedangkan 89,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya memperhatikan dan meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar Siswa

References

Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science, 5(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.467

Alam, F. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMP Negeri 3 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Endriani, A. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/realita.v1i2.708

Ilyasin, M. (2019). Penerapan Disiplin Belajar di Era Modern. Ar-Ruzz Media.

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122–129. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435

Nukuhaly, N. A. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP N 1 Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 1(2), 83–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33477/lingue.v1i2.1184

Patta, R., & Hasan, K. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas V SD. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 169–177. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.32199

Prijodarminto, S. (1994). Disiplin kiat menuju sukses. In Jakarta: Abadi. Jakarta: Abadi.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa (Vol. 82). Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2006).

Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Published
2022-09-22
How to Cite
Yunita Sari, Lisbet Novianti Sihombing, & Eva Pasaribu. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 896-901. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.710
Abstract viewed = 12 times
PDF downloaded = 10 times