Tingkatan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA di SMP Negeri 2 Gedangan
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.711Keywords:
tingkat kesulitan belajar, faktor penyebab kesulitan belajar, pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif Survey. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket/kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling. Analisis data menggunakan deskriptif. Hasil analisis data pada penelitian ini Tingkatan Faktor penyebab kesulitan belajar siswa paling tinggi adalah minat belajar 80%, kemudian faktor lingkungan sekolah 74%, selanjutnya faktor cara mengajar guru 70%, faktor kebiasaan belajar 49%, dan faktor minat belajar 38%. Dapat disimpulkan bahwa Faktor penyebab kesulitan belajar paling tinggi dari faktor internal yaitu minat belajar pada siswa dan faktor penyebab kesulitan belajar paling rendah yaitu kebiasaan belajar.
Downloads
References
Awang, . (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox EdukasiVol 6, No 2 Nopember 2015.
Asmawan, M C. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Artikel pada JurnalPendidikan Ilmu Sosial, Vol. 26 No. 2, ISSN : 1412- 3835.
Apriani, S. (2018). Analisis Faktor Pnyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPA Terpadu MTS Jauharul Iman Senaung Muaro Jambi. Skripsi. Jambi.
Devi, A. M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II pada Materi Penjumlahan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung.Skripsi. Tulungagung.
Dinatha, N. M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2).
Dewi, H. R. & Yusro, A.C (2016). Analisis Kesulitan Belajar IPA Materi Gerak pada SISwa Kelas VII Mts Sunan Ampel. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).
Dewi, D.T. (2016). Analisis Kesulitan siswa dalam belajar IPA pada kelas VIII di SMP Negeri 9 Lubuklinggau. S-1 Skripsi, FMIPA STKIP_PGRI Lubuklinggau.
Haqiqi, A K. (2018). Analisis Faktor penyebab Kesuitan Belajar IPA Siswa SMP Kota Semarang.Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Vol. 6 No 1.
Hariyatni, P. A. (2014). Identifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa SMP negeri 2 kota Jambi . Skripsi S-1, Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas jambi.
Hodiyanto, U. D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Mempelajari Matematika Ekonomi. SAP Vol.1 No.3.
Kallesta, dkk. (2017). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Badas Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Inovasi PembelajaranFisika dan Teknologi Vol 1 No 1 Agustus 2018hal 51-57. Sumbawa 84371.
Kristanti, V. D. (2017). Analisis kesulitan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII A SMP Institut Indonesia tahun ajaran 2016/2017. Skripsi S-1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNiversitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Kurniawan, Dwi Agus, Astalini Astalini, and Nugroho Kurniawan. "Analisis sikap siswa terhadap ipa di smp kabupaten muaro jambi provinsi jambi." Curricula: Journal of Teaching and Learning 4.3 (2019): 111-127.
Mentari, R. (2016). Studi Deskriptif Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Pesawat Sedderhana Kelas 5 MI Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal. Skripsi. Tegal.
Melvani, E. (2015). Analisis Faktor-faktor Ksulitan Belajar Siswa pada Mata Plajaran IPA Biologi Kelas VIII SMP Negeri 4 Pontianak. Skripsi. Pontianak.
Moleong, J.Lexy. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:Depdiknas
Nikmah, R. (2015). Identifikasi Kesulitan Belajar Terhadap Mata Pelajaran IPAmateri SistemReproduksi Pada Manusia Siswa Kelas IX di SMPN Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim. S-I Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Fatah Palembang.
Novisya, D. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal- soal Fisika padaMateri Gerak Parabola Kelas XI IPA di SMAN 1 SungaiGeringging Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi S-I Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pengetahuan IAIN Batusangkar.
Rudy Hermawan, N. R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Persamaan Garis Luruspada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga. Jurnal Unnes.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suseno. (2012). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Bola Voli Siswa kelas IV dan V SD Negeri Bangkal 1 Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Solo, Y. D, dkk. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Pokok Perkembangan Sistem Klasifikasi di SMP Negeri 1 Titehena Laratuka. Jurnal BIOS, 4(I), pp. 54-59.
Sari, N. F, dkk. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Ngeri di Kecamatan Medan Kota pada Materi Biologi Melalui Peta Konsep dan Angket. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus Vol. 5 No 2.
Saharuddin dan Mawarni Wahab. ( 2019). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri Limboro. Jurnal IPA Terpadu hal 75-83.
Siagian, Roida Eva Flora. "Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2.2 (2015).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wati, Ayu Karunia, and Muhsin Muhsin. "Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar." Economic Education Analysis Journal 8.2 (2019): 797-813.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.