Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Pengembangan Instrumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Sikap Ilmiah siswa Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian ini adalah metode survei terapan. Data sikap ilmiah siswa sekolah menengah atas diperoleh melalui kuesioner. Enam dimensi dari sikap ilmiah siswa diperiksa dalam penelitian ini, keingintahuan, sikap terbuka, penghormatan terhadap data atau fakta, fleksibilitas dalam berpikir, pemikiran kritis, dan sikap sensitif terhadap lingkungan. Seorang pakar kelompok mengkonfirmasi validitas konten dari Sikap Ilmiah siswa dengan 25 item yang telah diberikan kepada 122 siswa kelas XII IPA Sekolah Menengah Atas. Data dianalisis menggunakan model Rasch yang memenuhi kriteria unidimensionality, item fit, estimasi kesulitan / kemampuan, reliabilitas, dan fungsi informasi. Hasil dari model Rasch menunjukkan bahwa ada 22 item Sikap Ilmiah yang sesuai dengan model Rasch dan reliabilitas tinggi. Sikap ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas dapat diterima sebagai instrumen yang baik untuk mengumpulkan data. Studi ini menunjukkan bahwa Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas akan terbukti menjadi instrumen yang berguna untuk mengukur sikap ilmiah Siswa Kelas XII IPA Sekolah Menengah Atas untuk topik laju reaksi dalam pembelajaran kimia.
Downloads
References
AAAS (American Association for the Advancement of Science). (1993). Benchmarks for Science Literacy. University Press.
Adedoyin, O.O., & Mokobi, T. (2013). Using IRT psychometric analysis in examining the quality of junior certificate mathematics multiple choice examination test items. International Journal of Asian Social Science, 3(4), 992–1011.
Awang. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Pada Mata Pelajaran IPA Ditinjau Dari Minat dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Vox Edukasi, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31932/ve.v4i2.445
Beavers, A.S., Lounsbury, J.W., Richards, J.K., Huck, S.W., Skolits, G.J., & Esquivel, S. . (2013). Practical Considerations for Using Exploratory Factor Analysis in Educational Research. Practical Assessment, Research & Evaluation, 18(1–13). https://doi.org/http://doi.org/10.7275/QV2Q-RK76
Bekmezci, M., Celik, I., Sahin I., Kiray A., & Akturk, A. . (2015). Analysis of scientific attitude, computer anxiety, educational internet use, problematic internet use, and academic achievement of middle school student according to demographic variables. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 9, 4318–4326.
Bond T. G., & Fox, C. M. (2007). Fundementals Measurement in the Human Sciences. Routledge. New York.
Boone, W. J., Staver, J. R., &. Yale, M. . (2014). Rasch Analysis in the Human Sciences. Dordrecht: Springer.
Ergul, R., Simskeli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Gocmencelebi, S., & Sanli, M. (2012). The Effect of Inquiry-Based Science Teaching on Elementary School Student’s Science Process Skills and Science Attitudes. Journal of Science and Education Policy, 5(1), 48–68.
Fisher, W. P. (2007). Rating Scale Instrument Quality Criteria. Rasch Measurement Transaction, 21, 1095.
Gega, P. C. (1977). Science in Elementary Education, 7th Edition. Jhon Wiley & Sons Inc.
Greiff, S., Wüstenberg, S., Molnár, G., Fischer, A., Funke, J., & Csapó, B. (2013). Complex problem solving in educational contexts-something beyond g: Concept, assessment, measurement invariance, and construct validity. Journal of Educational Psychology, 105(2), 364–379. https://doi.org/10.1037/a0031856
Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. (1991). Fundamental of item response theory. Sage Publication, Inc.
Hambleton, R.K., & Swaminathan, H. (1985). Item Response Theory Principles and Applications. Kluwer Nijhoff Publising.
Harlen, W. (2000). Teaching learning & assessing science. Paul Chapman Publishing.
Istikomah, H., Hendratto, S., & Bambang, S. (2010). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 40–43. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1101
Jho, H., Yoon, H. G., & Kim, M. (2014). The Relationship of Science Knowledge, Attitude and Decision Making on Socio-scientific Issues: The Case Study of Students’ Debates on a Nuclear Power Plant in Korea. Science and Education, 23(5), 1131–1151. https://doi.org/10.1007/s11191-013-9652-z
Lacap, M. (2015). The Scientific Attitudes of Students Major in Science in the New Teacher Education Curriculum. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 7–15.
Laksmi, N.P.E.W., Parmiti, Dsk. P., & Kusmariyatni, N. (2013). Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Bermuatan Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Ubud. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.681
Maretasari, E. (2012). Penerapan model pembelajaran inuiri terbimbing berbasis laboratorium untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1375
Pallant, J. F. (2000). Development and validation of a scale to measure perceived control of internal states. Journal of Personality Assessment, 75(2), 308–337. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/S15327752JPA7502_10
Pitafi, A., & Farooq, M. (2012). Measurement of Scientific Attitude of Secondary School Students in Pakistan. Academic Research International, 2(2), 379–390.
Reckase, M. D. (1979). Unifactor Latent Trait Models Applied to Multifactor Tests: Results and Implications. Journal Educatioan Statistical, 4(3), 207–230. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/1164671
Sangoseni, O., Hellman, M., & Hill, C. (2013). Development and validation of a questionnaire to assess the effect of online learning on behaviors, attitudes, and clinical practices of physical therapists in the United states regarding evidenced-based clinical practicethe international. Journal Allied Health Science Practice, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46743/1540-580X/2013.1439
Toland, M. D. (2013). Practical Guide to Conducting an Item Response Theory Analysis. The Journal of Early Adolescence, 34, 120–151. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0272431613511332
Yacoubian, H., Hur, S. J., Lei. Y., Freed, C., Phillips, L. M., & Norris, S. P. (2011). Teaching Scientific Inquiry Using Science Trade Books. ASEJ, 41(1), 16–21.
Yenice, N., & Saydam, G. (2010). The views of the 8th grade students about nature of scientific knowledge. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2015–5017. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.812
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.