Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar

  • Nabila Nur Annisa Universitas Mulawarman
  • Erna Suhartini Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ramli Buhari Universitas Mulawarman
  • Andi Asrafiani Arafah Universitas Mulawarman

Abstract

Pembelajaran di kelas IV SDN 002 Sepaku selama ini cenderung secara klasikal yang berfokus pada hafalan, serta terikat dengan buku teks yang menyebabkan peserta didik kurang bersemangat pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKPD berbasis STEM pada tema 1 serta mengevaluasi kelayakannya sehingga lebih menarik dan berwarna guna membuat peserta didik semakin termotivasi untuk fokus pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode R&D serta model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil dari analisis kebutuhan diketahui bahwa penggunaan bahan ajar di lokasi masih kurang. Selain itu pada kegiatan pembelajaran guru masih kurang berinovasi dalam pemilihan pendekatan pembelajaran sehingga peserta didik kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Data presentase yang didapatkan dari para validator ahli adalah sebesar 100% oleh validator bahasa, 90,2% oleh validator materi, dan 100% oleh validator media. Selanjutnya dilakukan uji kelayakan pada kelompok kecil mendapatkan data presentase sebesar 84,6% dan dilakukan kembali uji coba pada kelompok besar dengan hasil presentase 89,25% sebagai penguat penilaian kelayakan dilakukan penilaian oleh wali kelas dengan hasil presentase 90%. Sehingga berdasarkan validitas produk LKPD menunjukkan hasil yang sangat valid yang menunjukkan produk LKPD sangat layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pengembangan, LKPD, STEM

References

Febriyanti, D., & Maryani, I. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Stem Pada Materi IPA Tema 7 Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 162–180. Https://Doi.Org/10.12928/Fundadikdas.V3i2.2684

Fransisca, R., Y., & Fauziah, Y. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Dunia Tumbuhan (Plantae) Kelas X SMA. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–14. Https://Jom.Unri.Ac.Id/Index.Php/Jomfkip/Article/View/11401

Hidayat, F., Nizar., M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (Jipai), 1(1), 28–38. Https://Doi.Org/10.15575/Jipai.V1i1.11042

Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem Based Learning: Creative Thinking Skills, Problem-Solving Skills, And Learning Outcome of Seventh Grade Students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) , 4(2), 151–160. Https://Doi.Org/10.22219/Jpbi.V4i2.5804

Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139–150. Https://Doi.Org/10.20527/Jipf.V4i3.2055

Pradani, R., D., & Wijyanto. (2018). Analisis Aktivitas Siswa Dan Guru Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Kurikulum 2013 Di Smp. Upej Unnes Physics Education Journal, 7(1), 57–66. Https://Doi.Org/10.15294/Upej.V7i1.22476

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. Jambi: Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan (Pusaka).

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277. Https://Doi.Org/10.23887/Jptk-Undiksha.V15i2.14892

Published
2023-03-05
How to Cite
Nabila Nur Annisa, Erna Suhartini, Muhammad Ramli Buhari, & Andi Asrafiani Arafah. (2023). Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 170-176. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.800
Abstract viewed = 422 times
PDF downloaded = 435 times