Pengaruh Task-Based Learning dalam Perkuliahan Anatomi Tumbuhan pada Masa New Normal
Abstract
Tujuan dalam penelitian adalah mengetahui seberapa dampak besar Pengaruh Task-Based Learning Dalam Perkuliahan Anatomi Tumbuhan Pada Masa New Normal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif, dengan memberikan tugas penyelesaian masalah kepada mahasiswa untuk mengetahui pengaruh yang diberikan dengan menggunakan metode pembelajaran Task-Based Learning (TBL) yakni kemampuan menganalisis, mengidentifikasi dan mengkalsifikasikan. Dalam menguji pengaruh tersebut dengan uji analisis deskriptif dan uji regerasi sederhana untuk menguji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan biologi pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 40 mahasiswa. Hasil dalam penelitian adalah terdapat pengaruh dalam setiap variabelnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung, yakni Penagruh Pembelajaran dengan menggunakan metode Task Based Learning terhadap kemampuan menganalisis, mendeskripsi dan mengklasifikasi pada mata kuliah anatomi tumbuhan di masa new normal. Kesimpulan dalam penelitian adalah terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Task-Based Learning (TBL) Terhadap Kemampuan Menganalisis, mengidentifikasi dan Menklasifikasi.
Downloads
References
A’yun, D. K., & Erman. (2019). Kemampuan Siswa Mengklasifikasi Kingdom Animalia Invertebrata: Studi Kasus Di Smp Negeri 1 Jabon. Jurnal Pendidikan Sains, 7(3), 361–366.
Fitriani, F., Wirawan Fadly, & Ulinnuha Nur Faizah. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55–67. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.64
Kusnawati, T. (2013). PENGGUNAAN METODE TASK-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA1. 21(November), 20–21.
Nilah, N., & Roza, L. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Dan Evaluasi Dalam Pembelajaran Fisika Pada Topik Usaha Dan Energi. IX, 75–82. https://doi.org/10.21009/03.snf2020.02.pf.12
Nurdiyanto, A., S, C. Z., & Pitasari, R. (2015). Penerapan Task-Based Learning ( TBL ) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Penentuan Indikator Alam. 2015(Snips).
Pitasari, R., & Yunaningsih, A. (2017). Peningkatan Keterampilan Generik Sains Siswa Melalui Task Based Learning Pada Larutan Buffer. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.15575/jta.v1i1.1161
Salwa, A. (2019). Model Task-Based Learning Untuk Membangun Pembelajaran Mandiri Pada Tutorial Online. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 10–16. https://doi.org/10.33830/ptjj.v20i1.331.2019
Subarkah, C. Z., & Dewi, D. (2016). Penerapan Model Task Based Learning Untuk Mengembangkan Literasi Kimia Mahasiswa Pada. Prosiding SNIPS 2016, 821–825.
Sugita, M. I., Sutikno, & Hartono. (2020). Implementasi Task Based Learning Melalui Eksperimen Fisika Kreatif Terhadap Kreativitas Peserta Didik. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako), 8(2), 11–17.
Sutiyatno, S. (2014). Penerapan Task-Based Language Teaching and Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Transformasi (Informasi & Pengembangan Iptek), 10(2), 1–10.
Ulandari, V. (2018). 256524-Meningkatkan-Kemampuan-Mengklasifikasi-M-1704a0Ef. 3(20), 72–77.
Wulandari, D., Candria, M., Wulandari, R., & Laksono, A. (2017). Penerapan Task Based Learning dalam Pelatihan Bahasa Inggris Terkait Kriminalitas bagi Personel Polrestabes Semarang. Harmoni, 1(1), 89–96.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.