Pengembangan E-Modul Berbasis Model Guided Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Question pada Materi Termokimia Kelas XI SMA

  • Luthfia Chaira Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Padang
  • Hardeli Hardeli Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul berbasis guided discovery learning dengan probing prompting question pada materi termokimia kelas XI SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini research and develompment Model Plomp. Penelitian dilakukan sampai pada Prototyping Phase pada tahap Small Group untuk menentukan validitas dan praktikalitas dari e-modul yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah Dosen Kimia FMIPA Universitas Negeri Padang, guru kimia dan peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Enam Lingkung. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Rumus Aiken’s V untuk mengukur validitas dan Rumus Purwanto untuk mengukur tingkat praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pengembangan E-Modul, Guided Discovery Learing, Probing Promptimg Question, Termokimia

References

Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473

Dash, B. (2020). Social Work Education through Open and Distance Learning (Bangalore). Arches & ElevatorPublishing House.

Elizar, F. (2019). Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Pendekatan Saintifik Dilengkapi dengan Pertanyaan Probing Prompting Kelas XI Tingkat SMA/ MA. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), 497–506.

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Bumi Aksara.

Hamzah, A. A. (2012). Ifa Safira Mustikadara 3 1 Program D3 Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain. Universitas Kristen Maranatha Jl. Suria Sumantri, 2(10), 40132.

Hendrayantie, E. (Madrasah A. N. 3 B. (2017). Jurnal PTK dan Pendidikan. 3(2), 19–26.

Honomichl, R. D., & Chen, Z. (2012). The role of guidance in children’s discovery learning. Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive Science, 3(6), 615–622. https://doi.org/10.1002/wcs.1199

Julita, R., Putra, A., Perrianty, F., & Yenti, R. (2019). Improving Students’ Critical Thinking Skills through Module Ion Equilibrium in Salt Solution Based on Discovery Learning with Probing Prompting Techniques. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT, 16(1), 251–255. https://doi.org/10.52155

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-modul. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kharismawati. (2017). HOTS- Oriented Module: Discovery Learning. SEAMEO QITEP in Language.

Miftah, M. (2022). Pengembangan Model E-Learning: Studi Analisis Kebutuhan dan Uji Kelayakan. Feniks Muda Sejahtera.

Nisa, K., & Zainul, R. (2021). Pengembangan E-Modul Hidrokarbon Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(2), 33–44. https://doi.org/10.24036/epk.v0i0.145

Pardomuan, M. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17–29.

Perrianty, F., Hardeli, Mawardi, Zainul, R., Julita, R., & Yenti, R. (2019). Improving Critical Thinking Skills through Module Solubility and Solubility Results Based on Discovery Learning with Probing Prompting Techniques at SMAN 1 Pariaman. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 16(1), 246–250. https://doi.org/10.52155

Plomp. (2013). An Introduction to Educational Design Research.

Purwanto. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Putra, R. W. (2020). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Penerbit ANDI.

Rahmawati, Y., Ramadhani, S. F., Afrizal, A., Puspitasari, M., & Mardiah, A. (2021). Development of Students’ Conceptual Understanding through STEAM Project Integration in Thermochemistry. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 6(1), 62–74. https://doi.org/10.15575/jtk.v6i1.5498

Rusdani, . H., Oktavia, B., & Aini, S. (2020). Development of Learning Module Based on Discovery Learning Using Probing Prompting Techniques in Redox Reactions to Improve Critical Thinking Ability in Class X Students. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(7), 1313–1319. https://doi.org/10.38124/ijisrt20jul802

Setiadi, E.M; Ramdani, A. . (2021). Pendidikan dalam Prespektif Post Modernisasi Sebuah Kerjaan Awal Edisi 1. Kencana.

Shonim. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruz Media.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Routledge Taylor and Francis Group.

Triyono, S. (2021). Dinamika Penyusunan E-modul. Penerbit Adab.

Published
2023-03-01
How to Cite
Luthfia Chaira, & Hardeli, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Guided Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Question pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 16-24. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.807
Abstract viewed = 598 times
PDF downloaded = 688 times