Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di Kabupaten Serang

  • Elva Zahrotun Naqiyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, mampu memecahkan masalah yang kompleks untuk menghadapi era globalisasi menghadapi tantangan di masa depan, oleh karena itu peserta didik dapat dibekali dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang didukung melalui evaluasi pembelajaran dalam penilaian akhir semester. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai persentase soal tipe HOTS pada naskah soal penilaian akhir semester dan untuk memperoleh data kategori,  karakteristik soal HOTS pada naskah soal penilaian akhir semester. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, instrument dalam penelitian ini adalah daftar kriteria penilaian butir soal berdasarkan indikator dan tingkatan taksonomi Bloom.  Hasil penelitian berdasarkan kategori  soal PAS IPA didominasi oleh soal tingkat kognitif LOTS dari pada HOTS, karena guru belum memahami mengenai pembuatan soal HOTS dan belum ada pelatihan mengenai HOTS di sekolah sehingga minimnya pengetahuan dan pembuatan soal berbasis HOTS. Maka soal PAS IPA tipe HOTS terdapat sebesar 7,5%, soal tipe MOTS sebesar 4,1% dan soal tipe LOTS sebesar 50,8%. Karakteristik soal yang menunjang berpikir kritis sebesar 5%, soal yang menunjang kemampuan menyelesaikan masalah sebesar 2,5% dan tidak ditemukan karakteristik kemampuan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: HOTS, Mata Pelajaran IPA, Penilaian Akhir Semester
Published
2023-03-01
How to Cite
Naqiyah, E. Z. (2023). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di Kabupaten Serang. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 67-72. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.810
Abstract viewed = 1010 times
PDF downloaded = 689 times