Pengembangan Buku Panduan Permainan Angin Puyuh dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran IPA SD
Abstract
Tujuan penelitian ini merupakan: (1) untuk mengembangkan panduan permainan angin puyuh menjadi media yg menarik dan menyenangkan & acceptable, menurut kegunaan, ketepatan, kelayakan & relevansi pada menaikkan keterampilan sosial anak (2) buat mengetahui keterlaksanaan kitab pedoman permainan angin puyuh menjadi media yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak yang teridentifikasi pada pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yg menyelidiki pengembangan buku panduan permainan angin puyuh menjadi media yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dalam pembelajaran pembelajaran IPA sekolah dasar. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan buku panduan permainan angin puyuh sebagai sarana pengajaran yang dapat diterima berdasarkan kegunaan, ketepatan, kelayakan, dan relevansinya untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dalam pembelajaran IPA. (2) buku panduan permainan angin puyuh sebagai sarana pengajaran dan media yang menarik dan menyenagkan khususnya dalam meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran IPA sekolah dasar
Downloads
References
Apriyani, Maryanto, A., & Nurohman, S. (2016). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Smp Effects. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(9), 1–7.
Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, VII(1), 51–60.
Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3685
Farhurohman, O. (2017). Kata Kunci: pendidikan anak usia dini. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1), 27–36.
Masyithah, M. (2021). Penerapan Teknik Keterampilan Sosial Emosional pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi dan Produksi Pangan Siswa Kelas IX-1 di SMP Negeri 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i2.76
Prasetia, S. A., & Fahmi, M. (2020). Jurnal tarbawi stai al fithrah | 21. Jurnal Tarbawi Stai Al Fithrah, 9(1), 21–37.
Putrayasa, I. B., Suastika, I. N., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2022). INTERPERSONAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA. 12(2), 100–109.
Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312
Rahmanuddin, F., Sudarmiatin, S., & Wahjoedi, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipeTwo Stay Two Stray dengan Outdoor Study terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPA pada Kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(8), 1269. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i8.14959
Riyan Rosal, & Yosma Oktapyanto. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jpsd, 2(1), 96–108.
Setyo Eko Atmojo. (n.d.). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Model Problem Based Learning Bervisi SETS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Oleh: Setyo Eko Atmojo, (Dosen Universitas PGRI Yogyakarta). 344–357.
Shinta Ratnasari, Allesius Maryanto, M.Pd., dan Wita Setianingsih, M. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran.... (Shinta Ratnasari) 1. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 1–7.
Widoretno, S., H, S., Y, A., & M, A. (2015). Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran Inkuiri Pada Pelajaran Ipa Di Smp. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), November, 318–329.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.