Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Praktikum terhadap Kemampuan Psikomotorik Peserta didik

  • Yopansius Hefri Universitas Mulawarman
  • Erna Suhartini Universitas Mulawarman

Abstract

enerapan pembelajaran pada kelas 5 di SDN 007 Sungai Kunjang selama ini belum pernah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing sehingga banyak siswa tidak bisa belajar dengan mandiri, para siswa bergantung pada guru dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model inkuiri terbimbing dalam praktikum pada keterampilan psikomorik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini merupakan siswa kelas V A sebanyak 24. Variabel penelitian ini ada 2 yakni, variabel bebas dan terikat. Inkuiri terbimbing (bebas) dan keterampilan keterampilan psikomotorik (terikat). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument penilaian yang dilakukan ketika pembelajaran sedang berlangsung. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh model inkuiri terbimbing, hal ini dibuktikan dengan nilai koefesien korelasi 0,552 artinya antara model pembelajaran inkuiri terbimbing (X) dan keterampilan keterampilan psikomotorik (Y) terdapat pengaruh yang cukup kuat. Koefisien regresi 0,314.. Setelah dianalisis dengan tabel uji koefisien dan hipotesis ditemukan nilai signifikansi sebesar 0,04 < probabilitas 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam praktikum berpengaruh terhadap keterampilan psikomotorik siswa sebesar 0,314 atau sama dengan 31,4%. Berdasarkan hasil penelitian, bisa dinyatakan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam praktikum terhadap keterampilan psikomotorik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Psikomotorik

References

Asih, T. (2019). Perkembangan Psikomotorik Siswa Di Kota Metro. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 100. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2046

Azmi, F., Halimah, S., & Azmi, Fachruddin;; Halimah, Siti;; Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Sha. E-Journal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1(1), 15–28. https://core.ac.uk/download/pdf/266977279.pdf

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871

Jombang, M. A. N. (2021). PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING MELALUI PEMBELAJARAN PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS XI MIA. 8(1), 14–18.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Kadek Tri Widani, N., Nyoman Sudana, D., & Gusti Ayu Tri Agustiana, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21.

Yuniastuti, E. (2013). Peningkatan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. EDUCATIONIST: Jurnal Kajian Filosofi, Teori, Kualitas, Dan Manajemen Pendidikan, 14(1).

Published
2023-03-01
How to Cite
Yopansius Hefri, & Erna Suhartini. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Praktikum terhadap Kemampuan Psikomotorik Peserta didik. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 73-77. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.815
Abstract viewed = 226 times
PDF downloaded = 227 times