Analisis Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Media Ispring Suite pada Materi Fluida Statis
Abstract
Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas beserta sistem pendidikan fisika yang teratur dibutuhkan penggunaan model pembelajaran yang menyanangkan sehingga siswa secara aktif terlibat saat aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kepraktisan penggunaan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media pebelajaran ispring suite pada materi fluida statis. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang digunakan mengacu pada langkah penelitian Brog and Gall yang sudah dimodifikasi ada 5 tahapan yang diadaptasi kemudian dikelompakkan menjadi 3 bagian penting yang sudah disesuaikan yaitu: 1). Studi pendahuluan, 2). Pengembangan produk, dan 3). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melihat kepraktisan perangkat dilakukan memakai lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan angket respon peserta didik mengenai pengembangan perangkat pembelajaran berbantuan media pembelajaran ispring suite. Baerdasarkan hasil penelitian perangkat pembelajaran telah dinilai praktis. Hal ini terlihat berdasarkan analisis data penelitian yang didapatkan terlihat angka terlaksanaan aktivitas pembelajaran sebesar 97,43% sehingga memenuhi kriteria sangat baik, hasil keseluruhan angket tanggapan guru memenuhi kriteria baik, Dan hasil dari keseluruhan tanggapan peserta didik mendapatkan rata-rata 80,53% sehingga memenuhi kriteria baik.
Downloads
References
Ahmad, L. S., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika
Arbie, A., Satri, P. S. F., Gede, D., Setiawan, E., & Nuayi, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning- Problem Solving Berbantuan Whatsapp Dan Zoom Meeting Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Hasil Kajian,, Iovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 394–399.
Buhungo, T. J., Mustapa, D. A., & Arbie, A. (2021). Pengembagan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning- Inquiry Pada Pembelajaran Daring Berbantuan WhatsApp Dan Zoom Meeting Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 147–148.
Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Presiasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA, 7(2), 64–73.
Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60
Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 214–218. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1878
Laune, S. M., Arbie, A., & Nuayi, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 724–733.
Mahmuda, S. (2018). Media pembelajaran bahasa arab. An-Nabighoh, 20(01), 130–131.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3(1), 119–127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Purohita, I. G. A. A. M., Nyoman, S., & Selamet, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 12–20.
Rumiyatun, R. (2021). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Literasi Numerasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 91–98. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.19
Sitorus, E. H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Smp Negeri 6 Medan. Jurnal Isnpiratif, 5(1), 12–36.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.
Yahudu, A., Paramata, Y., & Payu, C. S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Media Animasi pada Materi Gelombang di SMP Negeri 9 Gorontalo. Jurnal Entropi, 12(1), 15–23.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.