Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA

  • Desy Kurniawati Universitas Negeri Padang
  • Afdina Afdina Universitas Negeri Padang

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model pengembangan plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahapan pendahuluan, prototipe dan penilaian. Pada penelitian ini penulis membatasi penelitian yang dilakukan sampai pada tahap prototipe yang menghasilkan prototipe III. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android serta menentukan tingkat validitasnya dan diharapkan mampu membantu guru dalam mengatasi kendala pembuatan media pembelajaran pembelajaran khususnya pada materi larutan penyangga. Uji validitas aplikasi media pembelajaran dilakukan oleh delapan orang validator yaitu empat orang dosen kimia FMIPA, dua orang dosen FT UNP dan dua orang guru SMA Pertiwi 1 Padang. Data yang didapatkan dari validator selanjutnya dianalisis menggunakan Aiken’s V. Hasil penelitian ahli materi didapatkan nilai rata-rata Aikens’ V untuk aspek kelayakan isi, konstruk, kebahasaan dan kegrafisan berturut-turut sebesar 0,91; 0,89; 0,93 dan 0,84 dengan kategori valid dan hasil penelitian ahli media didapatkan nilai rata-rata Aiken’s v untuk aspek tampilan, pemprograman dan pemanfaatan berturut turut sebesar 0,84; 0,94; dan 0,81 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan lectora inspire pada materi larutan penyangga kelas XI SMA yang dihasilkan sudah valid. Oleh karena itu penelitian ini dapat dilanjutkan ketahap uji praktikalitas dan efektifitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Media Pembelajaran, Android, Larutan Penyangga, Lectora Inspire, Validitas

References

Aiken, L. (1985). Three Coefficients For Analyzing The Reliability And Validity Of Ratings. Educational and Phychological Measurement, 45, 131-14

Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, D. E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2192–2200.

Ariawan, R., & Wahyuni, A. (2020). The effect of applying TPS type cooperative learning model assisted by SPSS software on students’ skills in IT-based statistical data analysis course. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012027

Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206.

Ipa, J., Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. 5(2), 151–161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334

Kemendikbudristek. (2021b). Panduan Pembelajaran dan Asesmen.

Kemendikbudristek. (2022a). Buku Saku Kurikulum Merdeka.

Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Nuryati, D. W., Masitoh, S., & Arianto, F. (n.d.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi. 5(2). https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3375

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research.

Reza, M., Hamama, R., Maulida, S., Nurdin, N., Mayasri, A., & Rizkia, N. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Berbasis Video dengan Bantuan Pen Tablet Selama Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 124-136.

StatCounter. 2022. Mobile Operating System Market Share in Indonesia. Diakses dari

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119

Wulandari, D. A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak DI SMK Sultan Trenggono Mobile Learning Based On Android Development On Subjects Of. 6(5). https://doi.org/10.25126/jtiik.20196994

Published
2023-03-01
How to Cite
Desy Kurniawati, & Afdina, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 60-66. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.836
Abstract viewed = 370 times
PDF downloaded = 488 times