Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Abstract
Guru perlu mengembangkan dan merancang pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Creative Problem Solving terintegrasi TPACK untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalahberpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas di Lombok Timur yang berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pedoman validasi desain pembelajaran CPS terintegrasi TPACK, angket kepraktisan dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi integral dan penggunaanya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis validasi, produk yang dikembangkan termasuk kategori valid yang ditunjukkan oleh skor rata-rata validasi produk oleh 3 ahli yaitu ahli bahasa, ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran berturut turut 83,91; 84,64 dan 83,73. Begitu pula dari segi kepraktisan, produk yang dikembangkan juga tergolong praktis dengan rata-rata skor kepraktisan 82,63. Produk juga tergolong efektif dengan persentase keefektifan sebesar 88,57%. Produk yang dikembangkan mempunyai efek potensial dalam kategori tinggi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan N-Gain sebesar 0,77.
Downloads
References
Adams, J., Kaczmarczyk, S., Picton, P., & Demian, P. (2010). Problem solving and creativity in engineering: Conclusions of a three year PBL project involving reusable learning objects and robots. http://www.ineer.org/
Akturk, A., & Ozturk, H. (2019). Teachers TPACK levels and students self-efficacy as predictors of students academic achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 283–294. https://doi.org/https://www.ijres.net/index.php/ijres/article/view/543
Bahrudin, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Creatif Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Layanan Jaringan Materi Ragam Aplikasi Komunikasi Data. Journal of Education Action Research, 4(4), 536–545. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i4.28924
Borg, W. R. & G. (2007). Education research: An introduction. London : Logman.
Effendi, A., & Fatimah, A., T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teorema :Teori Dan Riset Matematika. Jurnal Teorema :Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 89–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2535
Endah, D., R., J, Kesumawati, N, & A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving- Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331
Farikah, & F. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The Students’ Perspective on Writing Class. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 190–197. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303
Guerrero, S. (2010). Technological Pedagogical Content Knowledge in the Mathematics Classroom. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 26(4), 132–139. https://doi.org/https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ893871.pdf
Hu, R., Xiaohui, S., & Shieh, C., J. (2017). A study on the application of creative problem solving teaching to statistics teaching. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 13139–13149. http://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005
Khaulah, S. (2018). Penerapan model pembelajaran jucama dengan menggunakan blok aljabar untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan Almuslim, 6(2), 75–83.
Koehler, M., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge. Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/https://www.learntechlib.org/p/159628
Maimunah., Purwanto., Sa’dijah, C., & S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA AL-Muslim. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2016
Malik, S., Rohendi, D., & Widiaty, I. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) With Information And Communication Technology (ICT) Integration : A Literature Review. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 299(5), 489–503. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.114
Muhammad, G., M, Septian, A, & Sofa, M., I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Mosharafa, 7(3), 315–325. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 international results in mathematics. Boston : TIMSS & PIRLS International
OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematics and Financial Literacy. In OECD Publishing (Vol. 7, Issue 6). http://dx.doi.org/10.1787/9789264255425-en
Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168–179. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644
Paryanto, A., & Kurniasih, N. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE) dan Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar sSswa Kelas VIII SMPN 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Prosiding Sendika, 6(2), 55–61. https://doi.org/http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/download/1195/1002
Pramestika, R., A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(3), 361–366.
Puccio, G.J., Mary C., M, Marie, M. (2005). Current Developments in Creative Problem Solving for Organizations: a Focus in Thinking Skills and Styles. The Korean Journal of Thinking and Problem Solving, 15(2), 43–76. https://doi.org/https://tsf.njit.edu/sites/tsf/files/lcms/2006/fall/puccio- korean-journal.pdf
Rahmadi, I.F., Hayati, E., & Nursyifa, A. (2020). Comparing Pre-Service Civic Education Teachers’ TPACK Confidence Across Course Modes: Insights For Future Teacher Education Programs. Research in Social Sciences and Technology, 5(2), 113–133. https://doi.org/http://10.46303/ressat.05.02.7
Rahmani, W., W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Fibonacci, 4(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17- 24
Ririn, P., Wiyanarti, E., Kurniawati, Y. (2021). The Analysis of Students’ Creative Thinking Skills through the Implementation of the Project Based Learning Model in Social Studies Learning. International Journal Pedagogy Of Social Studie, 6(2), 9–18.
Septian, A. (2019). Pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prisma, 8(2), 182–190.
Sugianto, P., A., W. (2019). Penerapan Model pembelajaran VPS dengan Bantuan Modul Elektronik Terhadap Motivasi Belajar dan Kempuan Berpikir Kreatif di SMA Negeri 8 PekanBaru 2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiman, K. &. (2019). The Effect Of Problem Solving Approach To Mathematics Problem Solving Ability In Fifth Grade. Journal of Physics, 1157(4), 1–7. https://doi.org/https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1157/4/042104/meta
Tuithof, H, Van Drie, J, Bronkhorst, L, Dorsman, L, & Van Tartwijk, J. (2021). Teachers’ pedagogical content knowledge of two specific historical contexts captured and compared. Educational Studies, 47(2), 1–26. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/03055698.2021.1877621
Ulya., H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561
Waluyo, E., N. (2021). Pengembangan Desain Instruksional Model Inquiry Learning Teintegrasi TPACK Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14421/jppm.2021.031-01
Yanti, M. N., Sudia, M., Arapu, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan. 7, 71–84.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.