Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

  • Edy Waluyo Universitas Hamzanwadi

Abstract

Guru perlu mengembangkan dan merancang pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Creative Problem Solving terintegrasi TPACK untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalahberpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas di Lombok Timur yang berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pedoman validasi desain pembelajaran CPS terintegrasi TPACK, angket kepraktisan dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi integral dan penggunaanya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis validasi, produk yang dikembangkan termasuk kategori valid yang ditunjukkan oleh skor rata-rata validasi produk oleh 3 ahli yaitu ahli bahasa, ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran berturut turut 83,91; 84,64 dan 83,73. Begitu pula dari segi kepraktisan, produk yang dikembangkan juga tergolong praktis dengan rata-rata skor kepraktisan 82,63. Produk juga tergolong efektif dengan persentase keefektifan sebesar 88,57%. Produk yang dikembangkan mempunyai efek potensial dalam kategori tinggi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan N-Gain sebesar 0,77.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Creative Problem Solving, TPACK, Berpikir Tingkat Tinggi

References

Adams, J., Kaczmarczyk, S., Picton, P., & Demian, P. (2010). Problem solving and creativity in engineering: Conclusions of a three year PBL project involving reusable learning objects and robots. http://www.ineer.org/

Akturk, A., & Ozturk, H. (2019). Teachers TPACK levels and students self-efficacy as predictors of students academic achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 283–294. https://doi.org/https://www.ijres.net/index.php/ijres/article/view/543

Bahrudin, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Creatif Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Layanan Jaringan Materi Ragam Aplikasi Komunikasi Data. Journal of Education Action Research, 4(4), 536–545. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i4.28924

Borg, W. R. & G. (2007). Education research: An introduction. London : Logman.

Effendi, A., & Fatimah, A., T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teorema :Teori Dan Riset Matematika. Jurnal Teorema :Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 89–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2535

Endah, D., R., J, Kesumawati, N, & A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving- Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331

Farikah, & F. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The Students’ Perspective on Writing Class. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 190–197. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303

Guerrero, S. (2010). Technological Pedagogical Content Knowledge in the Mathematics Classroom. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 26(4), 132–139. https://doi.org/https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ893871.pdf

Hu, R., Xiaohui, S., & Shieh, C., J. (2017). A study on the application of creative problem solving teaching to statistics teaching. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 13139–13149. http://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005

Khaulah, S. (2018). Penerapan model pembelajaran jucama dengan menggunakan blok aljabar untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan Almuslim, 6(2), 75–83.

Koehler, M., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge. Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/https://www.learntechlib.org/p/159628

Maimunah., Purwanto., Sa’dijah, C., & S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA AL-Muslim. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2016

Malik, S., Rohendi, D., & Widiaty, I. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) With Information And Communication Technology (ICT) Integration : A Literature Review. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 299(5), 489–503. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.114

Muhammad, G., M, Septian, A, & Sofa, M., I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Mosharafa, 7(3), 315–325. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 international results in mathematics. Boston : TIMSS & PIRLS International

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematics and Financial Literacy. In OECD Publishing (Vol. 7, Issue 6). http://dx.doi.org/10.1787/9789264255425-en

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168–179. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644

Paryanto, A., & Kurniasih, N. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE) dan Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar sSswa Kelas VIII SMPN 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Prosiding Sendika, 6(2), 55–61. https://doi.org/http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/download/1195/1002

Pramestika, R., A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(3), 361–366.

Puccio, G.J., Mary C., M, Marie, M. (2005). Current Developments in Creative Problem Solving for Organizations: a Focus in Thinking Skills and Styles. The Korean Journal of Thinking and Problem Solving, 15(2), 43–76. https://doi.org/https://tsf.njit.edu/sites/tsf/files/lcms/2006/fall/puccio- korean-journal.pdf

Rahmadi, I.F., Hayati, E., & Nursyifa, A. (2020). Comparing Pre-Service Civic Education Teachers’ TPACK Confidence Across Course Modes: Insights For Future Teacher Education Programs. Research in Social Sciences and Technology, 5(2), 113–133. https://doi.org/http://10.46303/ressat.05.02.7

Rahmani, W., W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Fibonacci, 4(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17- 24

Ririn, P., Wiyanarti, E., Kurniawati, Y. (2021). The Analysis of Students’ Creative Thinking Skills through the Implementation of the Project Based Learning Model in Social Studies Learning. International Journal Pedagogy Of Social Studie, 6(2), 9–18.

Septian, A. (2019). Pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prisma, 8(2), 182–190.

Sugianto, P., A., W. (2019). Penerapan Model pembelajaran VPS dengan Bantuan Modul Elektronik Terhadap Motivasi Belajar dan Kempuan Berpikir Kreatif di SMA Negeri 8 PekanBaru 2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sugiman, K. &. (2019). The Effect Of Problem Solving Approach To Mathematics Problem Solving Ability In Fifth Grade. Journal of Physics, 1157(4), 1–7. https://doi.org/https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1157/4/042104/meta

Tuithof, H, Van Drie, J, Bronkhorst, L, Dorsman, L, & Van Tartwijk, J. (2021). Teachers’ pedagogical content knowledge of two specific historical contexts captured and compared. Educational Studies, 47(2), 1–26. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/03055698.2021.1877621

Ulya., H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Waluyo, E., N. (2021). Pengembangan Desain Instruksional Model Inquiry Learning Teintegrasi TPACK Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14421/jppm.2021.031-01

Yanti, M. N., Sudia, M., Arapu, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan. 7, 71–84.

Published
2023-03-01
How to Cite
Edy Waluyo. (2023). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 114-123. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.839
Abstract viewed = 237 times
PDF downloaded = 163 times