Pengaruh Penggunaan E-Modul Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Fase F
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-modul asam basa berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik SMA fase F. Penelitian quasi experimental ini menggunakan desain randomize control-group posttest only design. Populasi terdiri dari 177 orang peserta didik kelas XI fase F SMA tahun ajaran 2022/2023. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan memilih dua dari lima kelas secara acak. Sampel yang terpilih terdiri dari 36 orang peserta didik kelas eksperimen dan 35 orang peserta didik kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes yang berjumlah 15 soal. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan independent t test karena terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Dari hasil analisis data diperoleh sig (2-tailed) < 0,05; yang berarti hasil belajar kelas eskperimen lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan e-modul asam basa berbasis guided discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik SMA fase F.
Downloads
References
Afrilianti, N., & Yerimadesi. (2021). Validity and Practicality of Acid-Base E-Module Based on Guided Discovery Learning for Class XI SMA. Edukimia, 28(2), 307–314. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/article/view/118
Alvi, N. V., & Yerimadesi, Y. (2022). Effectiveness of the Acid-Base E-Module Based on Guided Discovery Learning on the Students Learning Outcomes of Class XI Students at SMAN 7 Padang. Pancaran Pendidikan, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.25037/pancaran.v11i2.387
Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Bayharti, B., Azumar, O. R., Andromeda, A., & Yerimadesi, Y. (2019). Effectiveness of redox and electrochemical cell module based guided discovery learning on critical thinking skills and student learning outcomes of high school. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144
Destrini, H., Nirwana, N., & Sakti, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.13-21
Fajrin, S., Haetami, A., & Marhadi, M. A. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Di Kelas Xi Ipa2 Sma Negeri 1 Wolowa Kabupaten Buton. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 5(1), 27–34. https://doi.org/10.36709/jpkim.v5i1.13106
Fitriani, M., & Yerimadesi, Y. (2022). Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 5 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7948–7954. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3652%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3652/3089
Fitriyanti, A., & Yerimadesi. (2023). Efektivitas E-Modul Hidrokarbon Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 13 Padang. Jurnal Ilmiah, 23(1), 730–735. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3036
Hasibuan, S. R., & Andromeda. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘ Ilmi. Ranah Research:Journal of Multidiciplinary Research and Development, 3(2), 7–12.
Kristalia, A., & Yerimadesi, Y. (2021). Efektivitas E-Modul Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 54–59. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.37910
Latisma. (2011). Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.
Muntari, Haris, M., Sukib, & Yanti, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 4 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(2), 100–105. https://doi.org/10.29303/jipp.v4i2.89
Rahayu, R. G., & Yerimadesi. (2022). Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 425–430. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.626
Rahmi, S., & Yerimadesi. (2022). Efektivitas E-modul Titrasi Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 7 Padang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.633 Efektivitas
Rini, A. P., Sa’diyah, I. K., & Muhid, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa? Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2419–2429. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.641
Said, E. Y. F., & Yerimadesi, Y. (2021). Efektivitas Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukimia, 3(1), 004–008. https://doi.org/10.24036/ekj.v3.i1.a154
Sakinah, M., & Yerimadesi. (2022). The Effects of E-Module with Guided Discovery Model on Students Learning Outcomes in Electrolyte and Nonelectrolyte Solution. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 496–504.
Pepteti, S., & Latisma. (2022). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Solok Selatan Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 402–409. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.629
Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Joeai (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151
Smitha, V. P. (2012). Inquiry training model and guided discovery learning for fostering critical thinking and scientific attitude. (First edition). Vilavath Publications, Kozhikode.
Supliyadi, Baedhoni, M. I., & Wiyanto. (2017). Penerapan Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 205–212.
Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G. A. (2019). Analisis Tematik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(1), 79–102. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i1.18
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahyuni, D., Sari, M., & Hurriyah. (2020). Efektifitas E-Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(2), 2477–6181. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/226
Yerimadesi, Y., Kiram, Y., Lufri, L., Festiyed, F., & Guspatni, G. (2019). Validity and practicality of guided discovery learning models for chemistry learning in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012149
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.