Analisis Pemahaman Konsep Tema Listrik Sahabat Kita Kelas IX SMP Melalui Instrumen Tes 4TMC

  • Risa Tarisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sjaifuddin Sjaifuddin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Liska Berlian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran IPA adalah pemahaman konsep siswa yang belum maksimal sehingga harus diketahui tingkatannya agar dapat diatasi. Pemahaman konsep dapat diukur dengan dengan tes pemahaman konsep. Salah satunya berupa pilihan ganda empat tingkat (4TMC). Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas instrumen tes 4TMC tema listrik sahabat kita yang akan digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan pada semester ganjil TA 2022/2023 pada tiga SMP Negeri di Kota Tangerang. Metode penelitian mix method dengan desain sequential explanatory. Instrumen yang dipergunakan adalah 4TMC sebanyak 42 butir soal dengan 12 butir soal dinyatakan valid, lembar validasi instrumen tes dan instrumen nontes berupa wawancara. Efektivitas instrumen tes 4TMC tema listrik sahabat kita dalam mengukur pemahaman konsep siswa telah diuji kelayakan berdasarkan validasi ahli meliputi aspek isi sebesar 90% (sangat valid), aspek penyajian sebesar 89% (sangat valid), aspek kebahasaan 92% (sangat valid). Hasil tes pemahaman konsep siswa tema listrik sahabat kita mendapatkan persentase pemahaman konsep siswa yaitu paham konsep sebesar 16% (sangat rendah), tidak paham konsep sebesar 58% (cukup) dan miskonsepsi sebesar 26% (rendah). Oleh karena itu, perlu tindak lanjut seperti pengembangan strategi pembelajaran hingga media pembelajaran untuk mengatasi dan mencegah rendahnya pemahaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pemahaman Konsep, Four Tier Multiple Choice, Listrik Dinamis, IPA Terpadu

References

Alhinduan, S. S. R., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2016). Identifikasi kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi listik dinamis menggunakan Three Tier-Test (TTT). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(1), 29–31. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.578

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arum, N.E., Sjaifuddin, S., & Taufik, A.N., 2022. Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 270-279. http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.270-279

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44–50. https://doi.org/10.1136/pgmj.53.620.343

Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Schooling progress, learning reversal: Indonesia’s learning profiles between 2000 and 2014. International Journal of Educational Development, 85, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436

Bhakti, Y. B. (2015). Pengaruh Jumlah Alternatif Jawaban dan Teknik Penskoran terhadap Reliabilitas Tes. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.168

Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Los Angeles : SAGE Publications, Inc. file:///C:/Users/Harrison/Downloads/John W. Creswell & J. David Creswell - Research Design_ Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (2018).pdf%0Afile:///C:/Users/Harrison/AppData/Local/Mendeley Ltd./Mendeley Desktop/Downloaded/Creswell, Cr

Devi, S., Sjaifuddin, S., & Nestiadi, A. (2023). Pengembangan E-book Berbasis Web (Google Sites) dalam Mengatasi Learning Loss Siswa Kelas IX SMP pada Tema Lingkungan Sahabat Kita. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 48-56. http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.48-56.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a

Handayani, N. D., Astutik, S., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada materi hukum termodinamika di SMA Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 189–195. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v7i2.7927

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : CV Pustaka Ilmu.

Jusriana, Yunus, M., & Husain, H. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Menggunakan Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 9 Bone. Jurnal Chemical, 23(1), 99–110. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/chemica.v23i1.34000

Maries, A., & Singh, C. (2013). Exploring One Aspect of Pedagogical Content Knowledge of Teaching Assistants Using the Test of Understanding Graphs In Kinematics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.9.020120

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas Vol., 4(2), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612

Pujayanto, P., Budiharti, R., Adhitama, E., Nuraini, N. R. A., & Putri, H. V. (2018). The Development of A Web-Based Assessment System to Identify Students’ Misconception Automatically on Linear Kinematics with a Four-Tier Instrument Test. Physics Education, 53(4). https://doi.org/10.1088/1361-6552/aac695

Rahmawati, M. M. E., & Budiningsih, C. A. (2014). Pengaruh mind mapping dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 123–138. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2524

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Septiani, A.D., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam. Biodik, 8(1), 167-174. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17305

Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–153. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v7i2.7921

Subkan. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Fisika dengan Media Laboratorium Virtual PhET pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.152

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, N. K. E., Asrin, & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317

Utami, T.P, Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 129-135. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.129-135

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.

Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST JOURNAL (Biology Education Science & Technology), 5(1), 297–302. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5144

Wulandari, F., Sjaifuddin, S., & Vitasari, M., (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP Kota Tangerang Tema Pemanasan Global dengan Metode CRI (Certainty of Response Index). EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 303-314. http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.303-314

Yuberti, & Saregar, A. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. Bandar Lampung: Aura.

Yusuf, M. Y., Hidayat, K., Baskoro, E. T., Sudono, A., Furqon, Wibowo, M. E., Mulyadi, S., Suharsono, Sairin, W., Suryadi, B., Karningsih, N., Margono, G., Muljono, P., Sappaille, B. I., Arafah, K., Tresnaningsih, N., Wahyono, S., & Najmah, N. (2007). Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP Media Komunikasi Dan Dialog Standar Pendidikan, 2(1), 21.

Published
2023-03-03
How to Cite
Tarisa, R., Sjaifuddin Sjaifuddin, & Liska Berlian. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Tema Listrik Sahabat Kita Kelas IX SMP Melalui Instrumen Tes 4TMC . JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 159-169. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.849
Abstract viewed = 633 times
PDF downloaded = 555 times