Analisis Pemahaman Konsep Tema Listrik Sahabat Kita Kelas IX SMP Melalui Instrumen Tes 4TMC
Abstract
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran IPA adalah pemahaman konsep siswa yang belum maksimal sehingga harus diketahui tingkatannya agar dapat diatasi. Pemahaman konsep dapat diukur dengan dengan tes pemahaman konsep. Salah satunya berupa pilihan ganda empat tingkat (4TMC). Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas instrumen tes 4TMC tema listrik sahabat kita yang akan digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan pada semester ganjil TA 2022/2023 pada tiga SMP Negeri di Kota Tangerang. Metode penelitian mix method dengan desain sequential explanatory. Instrumen yang dipergunakan adalah 4TMC sebanyak 42 butir soal dengan 12 butir soal dinyatakan valid, lembar validasi instrumen tes dan instrumen nontes berupa wawancara. Efektivitas instrumen tes 4TMC tema listrik sahabat kita dalam mengukur pemahaman konsep siswa telah diuji kelayakan berdasarkan validasi ahli meliputi aspek isi sebesar 90% (sangat valid), aspek penyajian sebesar 89% (sangat valid), aspek kebahasaan 92% (sangat valid). Hasil tes pemahaman konsep siswa tema listrik sahabat kita mendapatkan persentase pemahaman konsep siswa yaitu paham konsep sebesar 16% (sangat rendah), tidak paham konsep sebesar 58% (cukup) dan miskonsepsi sebesar 26% (rendah). Oleh karena itu, perlu tindak lanjut seperti pengembangan strategi pembelajaran hingga media pembelajaran untuk mengatasi dan mencegah rendahnya pemahaman.
Downloads
References
Alhinduan, S. S. R., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2016). Identifikasi kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi listik dinamis menggunakan Three Tier-Test (TTT). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(1), 29–31. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.578
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arum, N.E., Sjaifuddin, S., & Taufik, A.N., 2022. Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 270-279. http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.270-279
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44–50. https://doi.org/10.1136/pgmj.53.620.343
Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Schooling progress, learning reversal: Indonesia’s learning profiles between 2000 and 2014. International Journal of Educational Development, 85, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436
Bhakti, Y. B. (2015). Pengaruh Jumlah Alternatif Jawaban dan Teknik Penskoran terhadap Reliabilitas Tes. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.168
Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Los Angeles : SAGE Publications, Inc. file:///C:/Users/Harrison/Downloads/John W. Creswell & J. David Creswell - Research Design_ Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (2018).pdf%0Afile:///C:/Users/Harrison/AppData/Local/Mendeley Ltd./Mendeley Desktop/Downloaded/Creswell, Cr
Devi, S., Sjaifuddin, S., & Nestiadi, A. (2023). Pengembangan E-book Berbasis Web (Google Sites) dalam Mengatasi Learning Loss Siswa Kelas IX SMP pada Tema Lingkungan Sahabat Kita. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 48-56. http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.48-56.
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115
Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a
Handayani, N. D., Astutik, S., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada materi hukum termodinamika di SMA Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 189–195. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v7i2.7927
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : CV Pustaka Ilmu.
Jusriana, Yunus, M., & Husain, H. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Menggunakan Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 9 Bone. Jurnal Chemical, 23(1), 99–110. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/chemica.v23i1.34000
Maries, A., & Singh, C. (2013). Exploring One Aspect of Pedagogical Content Knowledge of Teaching Assistants Using the Test of Understanding Graphs In Kinematics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.9.020120
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas Vol., 4(2), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Pujayanto, P., Budiharti, R., Adhitama, E., Nuraini, N. R. A., & Putri, H. V. (2018). The Development of A Web-Based Assessment System to Identify Students’ Misconception Automatically on Linear Kinematics with a Four-Tier Instrument Test. Physics Education, 53(4). https://doi.org/10.1088/1361-6552/aac695
Rahmawati, M. M. E., & Budiningsih, C. A. (2014). Pengaruh mind mapping dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 123–138. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2524
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Septiani, A.D., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam. Biodik, 8(1), 167-174. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17305
Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–153. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v7i2.7921
Subkan. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Fisika dengan Media Laboratorium Virtual PhET pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.152
Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, N. K. E., Asrin, & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317
Utami, T.P, Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 129-135. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.129-135
Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.
Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST JOURNAL (Biology Education Science & Technology), 5(1), 297–302. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5144
Wulandari, F., Sjaifuddin, S., & Vitasari, M., (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP Kota Tangerang Tema Pemanasan Global dengan Metode CRI (Certainty of Response Index). EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 303-314. http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.303-314
Yuberti, & Saregar, A. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. Bandar Lampung: Aura.
Yusuf, M. Y., Hidayat, K., Baskoro, E. T., Sudono, A., Furqon, Wibowo, M. E., Mulyadi, S., Suharsono, Sairin, W., Suryadi, B., Karningsih, N., Margono, G., Muljono, P., Sappaille, B. I., Arafah, K., Tresnaningsih, N., Wahyono, S., & Najmah, N. (2007). Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP Media Komunikasi Dan Dialog Standar Pendidikan, 2(1), 21.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.