Implementasi Teori Bruner pada Bilangan Pecahan melalui Model Luas dan Model Panjang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep bilangan pecahan peserta didik kelas II menggunakan model luas dan model panjang dengan teori Bruner. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN 1 Randublatung pada kegiatan Kampus Mengajar angkatan 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengenalan konsep bilangan pecahan perlu diperhatikan pemilihan teori belajar dan model yang digunakan. Dalam penelitian ini, teori belajar yang digunakan dalam mengenalkan konsep pecahan adalah teori Bruner, sedangkan model yang dipakai adalah model luas dan model panjang. Pengenalan konsep bilangan pecahan menggunakan model panjang dengan teori Bruner lebih efektif digunakan karena menggunakan konsep angka pada panjang ukuran sehingga peserta didik tidak kesulitan dalam menentukan panjang ukuran yang akan dibagi. Sedangkan pengenalan konsep bilangan pecahan menggunakan model luas berbantuan alat peraga berbentuk lingkaran dengan teori Bruner terdapat kendala pada bilangan pecahan dengan penyebut ganjil peserta didik kesulitan membagi luas sehingga bagian yang dibagi tidak kongruen.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pecahan, Teori Bruner, Model Luas, Model Panjang

References

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana, Y. (2022). Teori Perkembangan Jean Piaget dan Vygotsky Bagaimana Implikasinya Dalam Perkembangan Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 568–582.

Babakr, Z. H., Mohamedamin, P., & Kakamad, K. (2019). Piaget’s Cognitive Developmental Theory: Critical Review. Education Quarterly Reviews, 2(3), 517–524. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.03.84

Doğan, A., & Tertemiz, N. I. (2020). Fraction models used by primary school teachers. Elementary Education Online, 19(4), 1888–1901. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.762538

Firdana, D. N., & Trimurtini, T. (2018). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Senilai Siswa Sd. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 16(1), 67–76. https://doi.org/10.36762/litbangjateng.v16i1.751

Hafid, & Mahsun. (2020). Konsep Merdeka Belajar dan Pentingnya Kemampuan Memetakan Dunia Kerja. Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 3(1), 108–125. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v3i2.68

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482

Kania, N. (2018). Alat peraga untuk memahami konsep pecahan. Jurnal Theorems, 2(2), 1–12.

Kemendikbud. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar. Jakarta: Kemendikbud.

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193.

Nguyen, P. L., Duong, H. T., & Phan, T. C. (2017). Identifying the concept fraction of primary school students: The investigation in Vietnam. Educational Research and Reviews, 12(8), 531–539. https://doi.org/10.5897/err2017.3220

Nurhayati, Arifin, Z., & Damayanti, R. (2022). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bilangan Pecahan di Kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 1–7. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Sleman: Deepublish.

Setiyawan, A., Fitriani, W., Nasucha, Z., & Muzfirah, S. (2021). Cognitive Learning Gestalt Theory and Implications on Learning Process in Elementary School. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 149–159. https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.157

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, T., Liskinasih, A., & Purnawati, M. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Tantangan Atau Hambatan Ditinjau Dari Tuntutan Pembelajaran Abad 21? Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2584–2590. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.2841

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206

Surat, I. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pengelompokan, Model Luas Daerah dan Model Garis Bilangan dalam Penanaman Konsep Pecahan Untuk Pembelajaran Operasi Pecahan. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 157–164. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1734

Trimurtini, Ahmadi, F., & Liftiah. (2018). Pembelajaran Pengukuran di Sekolah Dasar Sesuai Kurikulum 2013.

Umar, W., Somadayo, S., Miliyawati, B., & Khairun, U. (2022). Representasi konsep pecahan dan operasinya dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, 7(2), 57–63.

Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.725

Walle, V. de, A, J., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2010). Elementery and Middle School Mathematics, Sixth Edition. Boston, Allyn & Bacon: Pearson Prentice Hall.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Zuliana, E., Retnowati, E., & Widjajanti, D. B. (2019). How should elementary school students construct their knowledge in mathematics based on Bruner’s theory? Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012019

Published
2023-03-01
How to Cite
Sayyidatus Sholihah, & Trimurtini, T. (2023). Implementasi Teori Bruner pada Bilangan Pecahan melalui Model Luas dan Model Panjang. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 124-133. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.850
Abstract viewed = 411 times
PDF downloaded = 298 times