Analisis Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls Kelas X IPA

  • Devi Permata Sari Universitas Jambi
  • Dian Pertiwi Rasmi Universitas Jambi
  • Menza Hendri Universitas Jambi

Abstract

Prestasi belajar siswa dapat dilihat dari proses pembelajarannya, pemilihan metode dan bahan ajar yang digunakan di dikelas dapat menimbulkan kreativitas siswa dikelas semakin kreatif siswa maka siswa dapat menyelesaikan persoalan dalam kehidupan sehari hari dengan jawaban yang cemerlang. Teknik analisis data menggunakan kualitatif naratif yang mana hasil data yang diperoleh di narasikan. pelajaran fisika pada kelas X nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 sedangkan siswa yang telah mencapai nilai KKM tersebut hanya sebanyak 75% dari 34 siswa, sedangkan untuk kekurangan 25% siswa yang belum memenuhi KKM terdapat beberapa kendala. Adapun kendala yang terjadi sehingga tidak memenuhi 100% itu terdapat pada pencocokan bahan ajar, media, metode, serta pendekatan yang sesuai dengan materi yang diajarkan, mungkin dengan adanya penambahan media dapat menambah kreativitas siswa pada saat proses pembelajaran, karna dengan adanya kreativitas dapat menunjang proses pembelajaran dikelas. Dengan adanya penambahan bahan ajar seperti modul terutama modul yang dapat diakses melalui gadget yang dapat diakses dimana saja, kapan saja membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam proses pembelajaran, lalu penambahan pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru di kelas juga dapat berpengaruh untuk meningkatkan kreativitas siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kreativitas, Media Pembelajaran, Momentum dan Impuls, Fisika

References

A.M.Irfan Taufan Asfar. (2019). ANALISIS NARATIF, ANALISIS KONTEN, DAN ANALISIS SEMIOTIK (Penelitian Kualitatif). January. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21963.41767

Adi Apriadi Adiansha, Husnul Khatimah, & Asriyadin. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.327

Armandita, P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi Analysis the Creative Thinking Skill of Physics Learning in Class Xi Mia 3 Sman 11 Jambi City. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17906

Asriyadin, Yulianci, S., & Nurjumiati. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 40–44. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.328

Asriyadin, Ice Puspitasari, & Endang Susilawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Software Phet Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Mipa, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i1.48

Azzahra, S., Khasanah, N. I., Kurniawan, D. A., Maison, Gunawan, Wibisono, Sari, D. P., & Nasution, O. S. M. (2022). Analisis Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Website sebagai Media Pembelajaran di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(Juni 2022), 192–197. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.557

Esty Saraswati Nur Hartiningrum, A. N. F. (2021). NALISIS KREATIVITAS SISWA SMK DALAM MENGAJUKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GENDER. 7(2), 94–99.

Info, A., & Kunci, K. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Neuroscience untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. 9(1), 59–66.

Muhammad Fuadi, Muhammad Arsyad, Kaharuddin Arafah, & Asriyadin. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116–121. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.387

Nursyamsi, & Yanti, N. (2020). PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL: TELAAH MENGENAI UU NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DAN PP NO. 55 TAHUN 2007 TENTANG PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN. X(20), 139–170.

nuryadi, tutut dewi astuti, enang sri utami, M. budiantar. (2017). dasar dasar statistik penelitian.pdf. sibuku media.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Qomariyah, D. N., Subekti, H., Surabaya, U. N., & Kreatif, B. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38250

Sumianto, & Aprinawati, I. (2021). Analisis Kreativitas Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 73–84. https://www.irje.org/index.php/irje/article/view/14

Published
2023-03-09
How to Cite
Devi Permata Sari, Dian Pertiwi Rasmi, & Menza Hendri. (2023). Analisis Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls Kelas X IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 183-187. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.855
Abstract viewed = 264 times
PDF downloaded = 184 times