Efektivitas E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Video Percobaan terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menunjukkan efektivitas penggunaan e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi video percobaan terdahap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain One-Group-Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Padang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 36 orang. Instrument penelitian yang digunakan berupa soal tes yang berbentuk pilihan ganda, terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan data yang diperoleh menggunakan Uji N-Gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji-U. dari hasil analisis data didapatkan bahwa sampel tidak terdistribusi normal dan tidak homogen. Oleh karena itu digunakanlah Uji Mann-Whitney U-Test pada α = 0.05, didapatkan hasil asymp sig 0,000 < 0,05 H0 ditolak dan nilai N-Gain yang diperoleh adalah 0,81 yang merupakan kategori tinggi sehinggadisimpulkan bahwa yang artinya siswa yang belajar menggunakan bahan ajar e-mdoul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi video percobaan efektif digunakan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Padang.
Downloads
References
Afnidar, Hamda, S. and Jamal, H. (2018) ‘Praktikum Pelatihan Ilmu Pengetahuan Alam Di Ruang kelas dengan Menggunakan Video Youtube’, Prosiding PKM-CSR Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1, pp. 103–111.
Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, M. (2013) ‘Penerapan pembelajaran terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajar biologi peserta didik kelas VII SMP Negeri 7’, Jurnal artikel, pp. 81–95.
Anwar, A. (2009) Statistika Untuk Penelitian dan Aplikasinya Dengan SPSS & Excel. Kediri: IAIT PRESS.
Asda, V. D. and Andromeda, A. (2021) ‘Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), pp. 710–716. doi: 10.31004/edukatif.v3i3.423.
Atik Mukmainah & Yonata (2020) ‘Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Di Sman 1 Rengel’, UNESA Journal of Chemistry Education, 9(1), pp. 133–139.
Aulia, A. and Andromeda (2019) ‘Pengembangan E-modul Berbasis Inkuiri terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi dan Virtual Laboratory pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Untuk Kelas X SMA/MA’, Edukimia Journal, 1(1), pp. 94–102.
Diyah Hapsari, N., Masyukri, M. and Yamtinah, S. (2015) ‘Pengembangan Lembar Kerja Kegiatan Siswa (LKS) Kimia A/MA Berbasis Learning Cycle 5e Pada Materi Laju Reaksi’, Jurnal Inkuiri, 4(4).
Gevi, G. R. and Andromeda, A. (2019) ‘Pengembangan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Untuk SMA/ MA’, Edukimia, 1(1), pp. 53–61. doi: 10.24036/ekj.v1.i1.a8.
Hake (1999) Analyzing Change/ Gain Score. USA: Indiana University.
Hanson, D. M. (2006) Instructor’s Guided to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. Lisle, IL: Pacific Crest.
Hasibuan, S. R. and Andromeda (2021) ‘Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘ Ilmi’, Ranah Research:Journal of Multidiciplinary Research and Development, 3(2), pp. 7–12.
Hidayat, T. and Andromeda (2019) ‘Efektivitas Penggunaan Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Journal of Residu, 3(13), pp. 69–76.
Indah Cahyani, N. and Azizah, U. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA’, UNESA Journal of Chemical Education, 8(3).
Priyanthi, K. A., Agustini, K. and Santyadiputra, G. S. (2017) ‘Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja)’, jurnal Karmapati, 6(1).
Rakhmawan, A., Setiabudi, A. and Mudzakir, A. (2015) ‘Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri Pada Kegiatan Laboratorium’, Jurnal Penelitian Pembelajaran IPA, 1(1), pp. 143–152.
Ramadhanti, A. and Agustini, R. (2021) ‘Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi’, Jurnal Kependidikan, 7(2), pp. 385–394.
Sanjaya, W. (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidkan. Jakarta: Kencana.
Suarsana, I. M. and Mahayukti, G. A. (2013) ‘Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa’, Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2).
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widana, I. W. and Muliani, P. L. (2020) Uji Prasyarat Analisis. Lumajang: Klik Media.
Yuliati, Y. (2017) ‘Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA’, Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), pp. 21–28.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.