Uji Validitas E-Modul Struktur Atom-Keunggulan Nanoteknologi Sesuai Kurikulum Merdeka untuk Peserta Didik SMA/MA Fase E
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat validitas e-modul struktur atom-keunggulan nanoteknologi untuk peserta didik fase E SMA/MA. Jenis penelitiannya yang digunakan adalah Educational Design Research dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian adalah dosen kimia UNP, guru kimia dan peserta didik fase E di SMAN 7 Padang. Validitas ditinjau dari validitas isi dan validitas konstruk yang meliputi kebahasaan, penyajian dan kegrafikan dan pemograman. Data penelitian diperoleh dari analisis angket uji validitas oleh lima orang validator yang terdiri dari ahli materi dan ahli media. Data hasil validasi dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V. Hasil uji validitas e-modul struktur atom-keunggulan nanoteknologi yang diperoleh nilai indeks V validasi konten sebesar 0,84 dan validasi konstruk 0,8 dan validasi ahli media sebesar 0,8 dengan kategori valid. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa e-modul struktur atom-keunggulan nanoteknologi yang telah dikembangkan dinyatakan valid.
Downloads
References
Aiken, L. R. 1985. Three Coefficients for Analyzing the Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131-142
Anggraini, D., Khumaedi, M., & Widowati, T. (2020). Validity and Reliability Contents of Independence Assessment Instruments of Basic Beauty Students for Class X SMK. Journal of Educational Research and Evaluation, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.15294/jere.v9i1.42558
Dawati, F. M., Yamtinah, S., Rahardjo, S. B., Ashadi, & Indriyanti, N. Y. (2017). Uji Validitas Computerized Two-Tier Multiple Choice (CTTMC) Melalui Focus Group Discussion (FGD) Untuk Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS, 21, 260–265.
Desriyanti, R., & Lazulva. (2016). Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(2), 70–78. https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1247
Dewi, I. K., Putri, F. M., Puspadiningrum, D. N. R., Puspadiningrum, & Amin, S. (2021). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Puruhita, 3(2), 70–75. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1247
Harden, R. M., Gessner, I. H., Gunn, M., Issenberg, S. B., Pringle, S. D., & Stewart, A. (2011). Creating an e-learning module from learning objects using a commentary or “personal learning assistant.” Medical Teacher, 33(4), 286–290. https://doi.org/10.3109/0142159X.2011.557104
Hendryadi. (2017a). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
Hendryadi, H. (2017b). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Langitasari, I., Rogayah, T., & Solfarina. (2021). Problem-Based Learning ( PBL ) Pada Topik Struktur Atom : Keaktifan, Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2813 – 2823. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.24866
Lisniandila, N. P., Santyasa, I. W., & Suswand, I. (2019). The Effect of Problem Based Learning Teaching Method on Students’ Critical Thinking Skills in Physics Lesson at SMA Negeri 4 Singaraja. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 25(1), 16–24. https://doi.org/10.17977/um047v25i12018p016
Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013 , Kurikulum Darurat (2020-2021), Dan Kurikulum Prototipe Atau Kurikulum Merdeka (2022) Mata Pelajaran Bahasa Inggris : Suatu Kajian Bandingan. Sinastra, 1(1), 373–382.
Perdana, S. A., & Slameto. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret, 4(2), 73–78.
Plomp, T., & Niveen, N. (2010). An Introduction to Educational Design Research.
Putri, N., Sugihartini, N., Wirawan, M. A., & ... (2015). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital (Paket Keahlian Multimedia) Dengan Model Pembelajaran Task Based Learning Pada Kelas XI Di SMK 3 Mataram. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 4(5). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/karmapati.v4i5.6620
Rahmatsyah, S. W., & Dwiningsih, K. (2021). Pengembangan E-Module Interaktif Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sistem Periodik Unsur. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 76–83. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p76-83
Rawa, N. R., Sutawidjaja, A., & Sudirman. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Learning Cycle-7e Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1042–1055. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6368
Rusman. (2012). Model –Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo
Safitri, D. C. (2023). ( Validity E-Module Electrolyte and Nonelectrolyte Based Problem Based Learning Terintegrated STEAM for SMA / MA ). Chemistry Smart, 1–9.
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono, M. (2015). Penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.