Uji Validitas E-Modul Struktur Atom-Keunggulan Nanoteknologi Sesuai Kurikulum Merdeka untuk Peserta Didik SMA/MA Fase E

  • Ayu Permata Sari Universitas Negeri Padang
  • Suryelita Suryelita Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat validitas e-modul struktur atom-keunggulan nanoteknologi untuk peserta didik fase E SMA/MA. Jenis penelitiannya yang digunakan adalah Educational Design Research dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian adalah dosen kimia UNP, guru kimia dan peserta didik fase E di SMAN 7 Padang. Validitas ditinjau dari validitas isi dan validitas konstruk yang meliputi kebahasaan, penyajian dan kegrafikan dan pemograman. Data penelitian diperoleh dari analisis angket uji validitas oleh lima orang validator yang terdiri dari ahli materi dan ahli media. Data hasil validasi dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V. Hasil uji validitas e-modul struktur atom-keunggulan nanoteknologi  yang diperoleh nilai indeks V validasi konten sebesar 0,84 dan validasi konstruk 0,8 dan validasi ahli media sebesar 0,8 dengan kategori valid. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa e-modul struktur atom-keunggulan nanoteknologi yang telah dikembangkan dinyatakan valid.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kurikulum Merdeka, E-modul, Sistem Periodik Unsur, Problem Based Learning

References

Aiken, L. R. 1985. Three Coefficients for Analyzing the Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131-142

Anggraini, D., Khumaedi, M., & Widowati, T. (2020). Validity and Reliability Contents of Independence Assessment Instruments of Basic Beauty Students for Class X SMK. Journal of Educational Research and Evaluation, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.15294/jere.v9i1.42558

Dawati, F. M., Yamtinah, S., Rahardjo, S. B., Ashadi, & Indriyanti, N. Y. (2017). Uji Validitas Computerized Two-Tier Multiple Choice (CTTMC) Melalui Focus Group Discussion (FGD) Untuk Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS, 21, 260–265.

Desriyanti, R., & Lazulva. (2016). Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(2), 70–78. https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1247

Dewi, I. K., Putri, F. M., Puspadiningrum, D. N. R., Puspadiningrum, & Amin, S. (2021). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Puruhita, 3(2), 70–75. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1247

Harden, R. M., Gessner, I. H., Gunn, M., Issenberg, S. B., Pringle, S. D., & Stewart, A. (2011). Creating an e-learning module from learning objects using a commentary or “personal learning assistant.” Medical Teacher, 33(4), 286–290. https://doi.org/10.3109/0142159X.2011.557104

Hendryadi. (2017a). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Hendryadi, H. (2017b). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Langitasari, I., Rogayah, T., & Solfarina. (2021). Problem-Based Learning ( PBL ) Pada Topik Struktur Atom : Keaktifan, Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2813 – 2823. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.24866

Lisniandila, N. P., Santyasa, I. W., & Suswand, I. (2019). The Effect of Problem Based Learning Teaching Method on Students’ Critical Thinking Skills in Physics Lesson at SMA Negeri 4 Singaraja. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 25(1), 16–24. https://doi.org/10.17977/um047v25i12018p016

Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013 , Kurikulum Darurat (2020-2021), Dan Kurikulum Prototipe Atau Kurikulum Merdeka (2022) Mata Pelajaran Bahasa Inggris : Suatu Kajian Bandingan. Sinastra, 1(1), 373–382.

Perdana, S. A., & Slameto. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret, 4(2), 73–78.

Plomp, T., & Niveen, N. (2010). An Introduction to Educational Design Research.

Putri, N., Sugihartini, N., Wirawan, M. A., & ... (2015). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital (Paket Keahlian Multimedia) Dengan Model Pembelajaran Task Based Learning Pada Kelas XI Di SMK 3 Mataram. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 4(5). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/karmapati.v4i5.6620

Rahmatsyah, S. W., & Dwiningsih, K. (2021). Pengembangan E-Module Interaktif Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sistem Periodik Unsur. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 76–83. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p76-83

Rawa, N. R., Sutawidjaja, A., & Sudirman. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Learning Cycle-7e Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1042–1055. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6368

Rusman. (2012). Model –Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo

Safitri, D. C. (2023). ( Validity E-Module Electrolyte and Nonelectrolyte Based Problem Based Learning Terintegrated STEAM for SMA / MA ). Chemistry Smart, 1–9.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono, M. (2015). Penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta

Published
2023-03-23
How to Cite
Ayu Permata Sari, & Suryelita, S. (2023). Uji Validitas E-Modul Struktur Atom-Keunggulan Nanoteknologi Sesuai Kurikulum Merdeka untuk Peserta Didik SMA/MA Fase E. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 235-142. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.867
Abstract viewed = 2512 times
PDF downloaded = 2088 times