Pengaruh Model Project Based Learning Berorientasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan model konvensional, (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan model konvensional, (3) perbedaan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan model konvensional. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan racangan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Jembatan Budaya School Kabupaten Badung yang terdiri dari 168 siswa. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik cluster sampling. Data dalam penelitian ini berupa skor keamampuan berpikir kreatif siswa dan skor motivasi berprestasi yang dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini mengungkapkan jika model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa secara simultan.
Downloads
References
Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766.
Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702.
Amalia, T. 2015. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Integrasi Interkoneksi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X MAN Yogyakarta III Pada Materi Suhu dan Kalor. Tesis Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212.
Dwi Sanderayanti. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sdn Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6, 222–231.
Djmari, K., Di, P., & Grobogan, K. (2016). Kekurangan dan Kelebihan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyayakarta: Ar-ruzz Media.
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal E-DuMath, 3(2). https://doi.org/10.26638/je.455.2064.
Pamuja, I. A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang. Tesis Tidak Diterbitkan.
Pangestu, N. S., & Hasti Yunianta, T. N. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.472.
Rais, M. (2010). Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills. Makalah Pendamping Dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya 11.
Roma. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saefudin. (2014). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al Bidāyah, Vol 4 No. 1, 37-48.
Smith, R. L., Karaman, M. A., Balkin, R. S., & Talwar, S. (2020). Psychometric properties and factor analyses of the achievement motivation measure. British Journal of Guidance and Counselling, 48(3), 418–429. https://doi.org/10.1080/03069885.2019.1620173.
Sopian, S. B. P., Mutiarasari, M. R. V., Fitriani, M., & Aeni, A. N. (2022). Penyuluhan Pentingnya Memahami Pendidikan Karakter Islami Anak bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 31. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i1.2670.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.