Menumbuhkembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe-TGT Peserta Didik SMP

  • Bajongga Silaban Universitas HKBP Nommensen
  • Januaris Pane Universitas HKBP Nommensen
  • Melani Dewi Nagur Universitas HKBP Nommensen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter rasa ingin tahu peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe-TGT. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII sebanyak 7 kelas dan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII-3 sebanyak 32 orang yang penarikannya dilakukan secara purposive sampling. Ujicoba instrumen dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan sebanyak 16 orang untuk menentukan tingkat kesukaran, kehandalan (reliabilitas) dan kevaliditasan instrumen, dan dinyatakan memiliki tingkat kesukaran butir soal sedang, valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rasa ingin tahu peserta didik tergolong sangat baik dan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berarti selama 2 kali pertemuan dalam 2 siklus pelaksanaan. Indikator rasa ingin tahu yang paling menonjol adalah menyimak penjelasan guru terkait materi pembelajaran dan kemampuan dalam menyimpulkan hasil diskusi. Nilai hasil belajar tertinggi melalui tes hasil belajar adalah 85 dan terendah 45 dengan rata-rata 62,9 dan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70. Disimpulkan bahwa pembelajarn kooperatif tipe-TGT dapat menumbuhkembangkan rasa ingin tahu peserta didik dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Rasa Ingin Tahu, Pembelajaran Kooperatif Tipe-TGT

References

(PPPK), C. G. P. P. dengan P. K. (2017). Pembelajaran 9. TUJUAN PEMBELAJARAN. Modul Belajar Mandiri, 2008, 185–192.

Fathurrohman. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Inabuy, V., Sutia, C., Maryana, O. F. T., Hardanie, B. D., & Lestari, S. H. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VII Penulis.

KEMENDIKNAS. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kemmis, S. and Mc.Taggart, R. (1988). The Action Researh Reader. Deakin University Press.

Lundgren, L. (1994). COOPERATIVE LEARNING IN THE SCIENCE CLASSROOM. New York : McCraw-Hill.

Mustari. (2011). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Laksbang Pressindo.

Rusman. (2017). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru (5th ed.). Rajagrafindo Persada. www.rajagrafindo.co.id

Slavin, R. E. (2016). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Nusa Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (25th ed.). Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156.

Vockell, E. L., & Asher, W. (1995). EDUCATIONAL RESEARCH (K. Davis (ed.); 2nd ed). Merril, Printice Hall.

Wahyuni, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. In Umsida Press.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Zulfikar, M. L., & Budiana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(2), 234–245. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i2.15080

Zulkarnaen, I., Raharjo, H. P., & Sutarto. (2016). Modul Guru Pembelajar PJOK SMP Kelompok Kompetensi Pedagogik B. PPPPTK Penjas Dan BK, 1–75.

Published
2023-03-29
How to Cite
Bajongga Silaban, Januaris Pane, & Melani Dewi Nagur. (2023). Menumbuhkembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe-TGT Peserta Didik SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 254-267. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.875
Abstract viewed = 241 times
PDF downloaded = 208 times