Menumbuhkembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe-TGT Peserta Didik SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter rasa ingin tahu peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe-TGT. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII sebanyak 7 kelas dan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII-3 sebanyak 32 orang yang penarikannya dilakukan secara purposive sampling. Ujicoba instrumen dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan sebanyak 16 orang untuk menentukan tingkat kesukaran, kehandalan (reliabilitas) dan kevaliditasan instrumen, dan dinyatakan memiliki tingkat kesukaran butir soal sedang, valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rasa ingin tahu peserta didik tergolong sangat baik dan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berarti selama 2 kali pertemuan dalam 2 siklus pelaksanaan. Indikator rasa ingin tahu yang paling menonjol adalah menyimak penjelasan guru terkait materi pembelajaran dan kemampuan dalam menyimpulkan hasil diskusi. Nilai hasil belajar tertinggi melalui tes hasil belajar adalah 85 dan terendah 45 dengan rata-rata 62,9 dan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70. Disimpulkan bahwa pembelajarn kooperatif tipe-TGT dapat menumbuhkembangkan rasa ingin tahu peserta didik dengan baik.
Downloads
References
(PPPK), C. G. P. P. dengan P. K. (2017). Pembelajaran 9. TUJUAN PEMBELAJARAN. Modul Belajar Mandiri, 2008, 185–192.
Fathurrohman. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter. Refika Aditama.
Inabuy, V., Sutia, C., Maryana, O. F. T., Hardanie, B. D., & Lestari, S. H. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VII Penulis.
KEMENDIKNAS. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kemmis, S. and Mc.Taggart, R. (1988). The Action Researh Reader. Deakin University Press.
Lundgren, L. (1994). COOPERATIVE LEARNING IN THE SCIENCE CLASSROOM. New York : McCraw-Hill.
Mustari. (2011). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Laksbang Pressindo.
Rusman. (2017). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru (5th ed.). Rajagrafindo Persada. www.rajagrafindo.co.id
Slavin, R. E. (2016). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Nusa Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (25th ed.). Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156.
Vockell, E. L., & Asher, W. (1995). EDUCATIONAL RESEARCH (K. Davis (ed.); 2nd ed). Merril, Printice Hall.
Wahyuni, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. In Umsida Press.
Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.
Zulfikar, M. L., & Budiana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(2), 234–245. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i2.15080
Zulkarnaen, I., Raharjo, H. P., & Sutarto. (2016). Modul Guru Pembelajar PJOK SMP Kelompok Kompetensi Pedagogik B. PPPPTK Penjas Dan BK, 1–75.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.